Antisipasi Covid-19 dengan Work For Home

Pandemi Covid-19 perlu diwaspadai penyebarannya sehingga dapat mengurangi jumlah orang yang terjangkit. Virus ini merupakan wabah yang sangat menghawatirkan dan bahkan menggemparkan seluruh dunia. Semua negara terkonsetrasi pada usaha untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19. Strategi yang ditempuh secara bersama-sama adalah dengan social distance. Salah satu cara mencegah penyebaran virus tersebut  dengan memberlakukan WFH (Work For Home). WFH (Work For Home) bagi pegawai pemerintah untuk dapat menjalankan social distance tentu tidaklah mudah. Untuk itu maka beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh para pegawai dalam menjalankan WFH adalah

Dirumah Aja

Salahs satu hastag yang diberlakukan adalah dirumahaja yang menghendaki orang lebih banyak dirumah dan hanya keluar jika memang memiliki kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Disini diberlakukan Social Distance untuk menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Bagi pegawai selama jam kerja, pegawai tetap harus berada di rumah/ditempat kecuali ada keperluan mendesak yang tidak dapat ditunda. Pegawai dapat saja ke kantor untuk melakukan pekerjaan tertentu yang memang hanya dapat diselesaikan di kantor atau untuk kepentingan tertentu, pimpinan dapat meminta kehadiran pegawai dikantor.

Pelaksanaan Pekerjaan

BAgipegawai untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dapat diselesaikan dirumah untuk jenis pekerjaan tertentu. BAgi guru misalnya dapat menggunakan aplikasi e-learning untuk kegiatan pembelajaran. Tetapi untuk pegawai non fungsional, maka seluruh clerical work diselesaikan di rumah dan dengan menganut prinsip paper less. Dalam melaksanakan pekerjaan yang perlu diingat pegawai adalah melakukan pencatatan. Pekerjaan harus dicatat dan disimpan untuk dijadikan sebagai bahan laporan setiap pegawai. Catatan tersebut dapat menjadi evident terhadap kegiatan yang dilakukan di rumah.

Laporan Kinerja dan Absensi

Untuk kepentingan pemantauan pimpinan terhadap kinerja pegawai, maka perlu diketahui dan dideteksi perkembangan kinerja dan kehadiran pegawai. Oleh karena itu, pegawai harus membuat laporan kinerja harian berdasarkan catatan pekerjaan yang telah dibuat. Penyampaian laporan kinerja harian dapat dilakukan secara online dengan mengisi aplikasi palaporan kinerja yang digunakan oleh instansi tempat bekerja. Laporan kinerja harian ini dapat menjadi evident kehadiran pegawai yang berarti bahwa pegawai yang tidak menyetor laporan kinerja hariannya dianggap tidak hadir.

Penggunaan Aplikasi

Work for Home dapat dijalankan jika pekerjaan tersebut dikerjakan dengan berbasis pada aplikasi sebagai program antar muka. Oleh karena itu institusi tertentu harus membuat aplikasi, disosisalisasikan kepada pegawa. Pegawai perlu mengetahui dengan baik cara penggunaan aplikasi tersebut. Hal yang perlu dilakukan pegawai adalah  menginstall aplikasi yang digunakan seperti aplikasi untuk pertemuan atau rapat melalui video confrence, aplikasi untuk penyetoran laporan, absensi harian berbasis Google Form, dan aplikasi pendukung lainnya.

Membangun Komunikasi

Pada program WFH pegawai harus menjaga koneksi jaringan celluler dan internet Pegawai tetap mengaktifkan jaringan celluler dan internet agar dapat mengikuti perkembangan dan tidak lose informasi dari kantor dan dari teman kerja sehingga tetap dapat berbagi informasi terupdate.

Semoga TIPS ini dapat membantu dan tetap bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dan tetap menjaga kinerja.

WAllahuallam bisshowwab.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *