Gunakan APIK dalam Penulisan Karya Ilmiah Guru

Pengembangan kompotensi publikasi ilmiah bagi guru sangat penting karena merupakan bagian dari peningkatan kompetensi keprofesionalan berkelanjutan. Publikasi Karya ilmiah guru akan dinilai sebagai salah satu komponen pengajuan angka kredit dalam kenaikan pangkat yang memenuhi kriteria umum penulisan karya ilmiah.

Proses penilaian karya tulis mengggunakan kriteria yang umum dalam penulisan karya publikasi ilmiah dimaksudkan agar tulisan atau artikel tersebut dapat memenuhi persyaratan untuk dapat dikategorikan sebagai karya ilmiah sesuai dengan jenisnya seperti publikasi ilmiah dalam bentuk Buku, Laporan Hasil Penelitian, Artikel Ilmiah Populer dan Artikel Jurnal.

Salah satu unsur yang perlu diperhatikan guru dalam publikasi ilmiah selain kriteria umum tulisan ilmiah adalah harus memenuhi persyaratan “APIK,” yaitu Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten.

Infografic
Infografic APIK

Asli

Asli, laporan yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.

Laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak Asli antara lain ditandai oleh: adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat; waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang wajar; adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain; dan tidak adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan.

Perlu

Perlu, hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang pengembangan keprofesian dari guru yang bersangkutan. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan. Laporan kegiatan PKB yang tidak Perlu antara lain ditandai oleh: (1) masalah yang dikaji terlalu luas, dan (2) tidak langsung berhubungan dengan permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi dari guru yang bersangkutan.

Ilmiah

Ilmiah, laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan. Laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak Ilmiah antara lain ditandai dengan adanya: latar belakang masalah yang tidak jelas sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan masalah tersebut dengan upayanya untuk mengembangkan profesinya; kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya; kesimpulan yang tidak/belum menjawab permasalahan yang diajukan.

Konsisten

Konsisten, isi laporan harus sesuai dengan tugas pokok penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan memasalahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah/madrasahnya.

Agar karya ilmiah dapat diterima sebagai salah satu komponen pengajuan angka kredit bagi guru, maka sangat penting untuk memperhatikan prinsip APIK dalam penulisannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *