Jadwal Batch 2 Rombel 4 Bimtek e-RKAM

Pelaksanaan Bimtek e-RKAM dan EDM bagi MAdrasah di Sulawesi Selatan dilaksanakan sejak tanggal 3 Oktober 2020. Untuk Batch 2 Rombel 4 akan diikuti sebanyak 31 orang peserta dari 5 Kabupaten Kota yaitu Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan realisasi dari Program Madrasah Reform Realizing Education’s Promise dan Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) bertujuan untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama (Kemenag). 

Sebenarnya Proyek ini akan dilaksanakan dalam waktu lima tahun, dimulai dengan pelaksanaan proyek pada tahun 2020 dan berakhir pada tahun 2024. Proyek ini akan dilaksanakan di 34 Provinsi dan 514 kabupaten Kota yang merupakan proyek kerjasama kementerian agama dengan Bank Dunia dengan nilai proyek sebesar Rp. 3.75 Triliun (USD 250 juta).

Peresmian program ini digelar secara virtual oleh Menag dari Kantor Kemenag Jalan Lapangan Barat No 3-4 Jakarta Pusat yang terdiri dari 4 komponen yaitu pertama penerapan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) dan pemberian bantuan untuk madrasah. Kedua, penerapan sistem penilaian hasil belajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) bagi seluruh peserta didik kelas 5 MI secara nasional. Ketiga, kebijakan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru, kepala madrasah, dan tenaga kependidikan madrasah untuk peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan. Keempat, penguatan sistem untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Salah satu komponen yang sementara berangsung adalah komponen pertama yaitu penerapan sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) dalam bentuk bimtek E-RKAM dan EDM berbasis elektronik di Sulawesi Selatan. Pada program ini terdapat 4 Rombel dari 2 Batch Bimtek yang mencakup Kabupaten 25 Kabupaten Kota dengan jumlah peserta 128 peserta termasuk unsur Kementerian Agama masing-masing 2 orang.

Bimtek ini dilaksanakan dalam bentuk Virtual Class menggunakan Aplikasi Google Classroom selama lima hari melalui pendekatan kombinasi antara daring dan tatap muka (kelas jauh). Pada kegiatan ini peserta akan memperoleh materi tentang kebijakan, aplikasi EDM dan E-RKAM termasuk pendidikan Orang Dewasa dan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Jadwal Bacth 2 Rombel 4 Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *