Kelas Virtual di era digital

Era digital telah menjadi satu era dimana penggunaan perangkat teknologi informasi tidak lagi mengharuskan setiap orang bertemu secara langsung. Melalui pemanfaatan device teknologi seseorang atau sekelompok dapat membangun komunikasi multi arah dengan bantuan intervace teknologi. Hal ini dapat menjadi satu model interaksi yang diadopsi dalam pembelajaran era digital. Lahirnya digital classroom merupakan salah satu bentuk dari model interkasi dengan mengintegrasikan perangkat teknologi ICT dalam pembelajaran yang kemudian dikenal dengan istilah e-learning.

Pembelajaran digital dapat dimaknai sederhana sebagai model pembelajaran yang memanfaatkan tools, device dan intervace teknologi informasi untuk mefasilitasi peserta didik menguasai tujuan pembelajaran. Pembelajaran digital berarti menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyampaikan materi, melakukan penilaian, dan memberikan tugas oleh guru kepada siswa. Proses ini dapat dilakukan terintegrasi pada satu program dapat pula dilakukan secara terpisah.

Pemberian materi secara digital berarti memberikan materi pembelajaran dalam bentuk data digital dan dibagikan kepada siswa. Data digital tersebut dapat dalam bentuk e-book, video, audio, slide presentation, sheet, pitcure, dan infografic. Pelaksanaan penugasan dan penilaian dapat menggunakan google form, microsoft form, quiziz dan sebagainya. Keseluruhan aplikasi tersebut dapat mendukung guru dalam membangun kelas virtual.

Selain guru dapat melaksanakan kelas digitalnya, juga guru dapat memanfaatkan aplikasi seperti google classroom atau menggunakan kelas virtual microsoft 365 yang telah memiliki beragam vitur seperti membuka kelas, membagi materi, memberikan penugasan, mendaftar siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Pada prinsipnya pelaksanaan kelas virtual bukan bermaksud untuk mengganti interaksi langsung antara guru dengan siswa, tetapi memafasilitasi siswa untuk dapat memiliki waktu yang relatif lebih untuk dapat berinteraksi dengan guru dan siswa lainya sehingga peluang untuk menguasai tujuan pembelajaran lebih besar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *