Menggunakan Virtual Ice Breaking di Kelas Virtual

Pembelajaran virtual yang dilaksanakan perlu melakukan tahapan pencairan suasana, dengan membangun koneksi antara pengajar dan peserta didik atau antara pembawa materi dan peserta pada diklat. Selama proses pembelajaran non virtual atau pembelajaran komvensional hal ini mudah dilakukan dengan memberikan ice breaking atau dengan energezer atau games untuk memecah kebuntuan, menyegarkan suasana dan memberikan motivasi pada peserta didik atau peserta diklat.

Bagaimana jika pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan pembelajaran virtual. Tentu pelaksanaan ice breaking juga harus dilaksanakan secara virtual. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat ice breaking di kelas virtual diantaranya

Tetapkan Tujuan dan sasaran

Sebelum membuat ice breaking terlebih dahulu tentukan tujuan dari pelaksanaan ice breaking. Apa tujuan yang akan dicapai dan apakah ice breaking tersebut sesuai dan sejalan dengan tujuan materi yang akan disampaikan. Tujuan ice breaking misalnya untuk memecah suasana, memotivasi dengan membantu peserta merasa nyaman, berpikiran positif, tidak jenuh atau tujuan lain. Sementrara untuk keterkaitan materi dapat menetapkan tujuan yang mendukung esensi dari materi yang disampikan seperti komunikasi, kerjasama, saling menghargai dan sebagainya

Tetapkan Waktu

Pemberian ice breaking atau games dan energizer bagi peserta didik atau peserta diklat di kelas virtual perlu mempertimbangkan waktu. Waktu yang dipertimbangkan adalah waktu memberikan atau melaksanakan ice breaking  dan Waktu yang berkaitan dengan durasi waktu yang digunakan dalam pelaksanaan ice breaking. Aspek waktu sangat penting untuk dipertimbangkan misalnya menetapkan waktu apakah dilaksanakan diawal pertemuan, ditengah dan diakhir pertemuan. Hal ini sangat tergantung pada tujuan pemberian ice breaking. Pertimbangan waktu kedua adalah durasi pelaksanaan ice breaking, jangan sampai membutuhkan waktu yang terlalu lama sehingga menghabiskan waktu pembelajaran virtual. Gunakanalha jenis icebreaking yang tidak menghabiskan waktu terlalu lama untuk menyelasikannya.

Ketahui lokasi Peserta

Melaksanakan ice breaking atau games dan energizer bagi peserta didik atau peserta diklat di kelas virtual perlu mengetahui posisi dan lokasi peserta didik atau peserta diklat. Lokasi mereka apakah di rumah, dikantor atau di daerah terbuka. Lokasi ini sangat penting untuk diketahui untuk menghindari jangan sampai pelaksanaan ice breaker membutuhkan aktivitas yang hanya dapat dilakukan di lingkungan atau lokasi tertentu seperti di kantor atau dirumah atau didaaerah terbuka. Selain itu, perlunya mengetahui lokasi peserta terkait dengan kemudahan dan ketersediaan jaringan atau akses internet untuk menjamin seluruh peserta dapat berpartisipasi dengan baik.

Teknologi pendukung

Kelas virtual sangat tergantung pada tools, device dan intervace teknologi, sehingga sedapat mungkin peserta memeiliki akses untuk dapat memanfaatkan teknologi pendukung pada saat kegiatan berlangsung. Misalnya ice breaking bersifat syncronous melalui aplikasi Video Call atau teleconfrence, maka harus dipastikan seluruh peserta telah memiliki dan mampu mengakses aplikasi tertentu seperti google meet, zoom atau aplikasi web binar lainnya.

Buat Persiapan matang

Keberhasilan ice breaking atau games dan energizer bagi peserta didik atau peserta diklat di kelas virtual harus dipersiapkan secara matang. Persiapan bukan hanya pada guru atau penatar dan widyaiswara, tetapi juga perlu persiapan bagi peserta didik atau peserta diklat. Jika perlu guru atau pengajar dapat menginformasikan lebih awal bahan, alat, program, aplikasi , perangkat yang dibutuhkan dalam ice breaking tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidak siapan peserta dalam mengikuti kegiatan virtual.

Beberapa unsur tersebut dapat dipertimbangkan sebelum melaksanakan atau menberikan Ie breaking, games dan energezer kepada peserta. Perlu dipertimbangkan pula bahwa kadang kala hal ini dianggap sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu pembelajaran. Akan tetapi anda harus yakin bahwa selama jenis dan pilihan ice breaking yang digunakan pasti tidak akan sia-sia.

Beberapa jenis ice breaking virtual dapat dilakukan misalnya carilah sepatuku, bagaimana perasaan saya, apakah harapan saya, Kekuatan super saya di Kelas dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *