Menulis pendahuluan untuk jurnal international

Menulis pendahuluan pada artikel ilmiah kadangkala menjadi salah satu penentu keberhasilan peneliti mesubmit artikel pada jurnal international. Pada umumnya reviwer mengamati dan mencari beberapa komponen penting yang yang harus diulas dan dideskripsikan oleh penulis pada bagian introduction.

Unsur pertama yang harus dituliskan adalah Isu/fenomena yang melandasi penelitian tersebut dilakukan. Biasanya isu ini harus relevan dengan bidang keahlian penulis atau isu lagi populer pada sat artikel tersebut ditulis atau disubmit. Menguraikan isu dan fenomena perlu dihindari untuk tidak bertele-tele tetapi cukup mengemukakan fakta pendukung dari isu yang diangkat

Unsur kedua adalah penulis perlu mengemukakan relevansi dan perbandingan dengan study sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan penulis dengan cara mencari sumber-sumber yang relevan dengan isu yang diangkat dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain. Penulis harus lihai dalam menuliskan inti atau benang merah dari penelitian sebelumnya untuk kemudian menetapkan posisi penelitian yang akan dilakukan dibandingka study terdahulu.

Unsur ketiga adalah penulisan tujuan penelitian. Penulis harus menuliskan tujuan penelitian dengan terlebih dahulu mendeskripsikan singkat apa yang akan dicapai pada penelitian tersebut. Hal ini penting karena akan terkait langsung dengan pernyataan penelitian dan pertanyaan penelitian yang akan dirumuskan pada bagian berikutnya. Biasanya perumusan tujuan penelitian akan dicermati kesesuaian antara judul, isu yang diangkat dan penelitian atau study yang ada sebelumnnya. Perlu dihindari untuk menuliskan tujuan penelitian yang hanya berbeda pada lokus dengan fokus atau variabel yang sama.

Unsur keempat adalah rumusan argumentasi/hipotesis jika ada. Jika penelitian kualitatif, maka penulis perlu merumuskan pernyataan masalah secara ringkas dan padat yang menjadi pengantar pada pertanyaan penelitian. Jika penelitian kuantitatif maka hipotesis sedapat mungkin sudah dirumuskan.

Keempat unsur tersebut paling tidak harus terdeskripsi secara singkat, pada dan jelas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply