Perujukan Artikel ilmiah dengan prinsip 4 W

Penuisan karya ilmiah mempersyaratkan perujukan yang konsisten dengan beberapa style perujukan yang berlaku. Secara umum bahan rujukan bagi penulis artikel ilmiah terdiri dari Buku, e-Book, Journal, e-Journal, Majalah, Laporan, Internet, Website dan beragam sumber rujukan lainnya. Dalam American Library Association Glossary of Library Terms, bahan atau sumber rujukan merupakan sebuah buku yang disusun dan diolah sedemikian rupa untuk digunakan sebagai sumber menemukan informasi tertentu dan tidak untuk dibaca keseluruhan.

Bahan rujukan dalam Harrod’s Librarian Glossary, diklasifikasi seperti Buku – buku kamus, ensiklopedi, kamus ilmu bumi, buku tahunan, buku petunjuk, bibliografi, dan abstrak. Menurut Shores dan Krzys (dalam Encyclopedi og Library and Information Science), Bahan Rujukan asalah buku yang diterbitkan terutama untuk dibaca untuk mendapatkan keterangan ketimbang untuk dibaca secara menyeluruh. Kesemua bahan rujukan tersebut disusun guna memberikan informasi tertentu dan lebih dimaksudkan sebagai sekadar sumber acuan. Rujukan berguna untuk memberikan daftar referensi yang digunakan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah kepada pembaca dan memudahkan pembaca untuk mencari sumber informasi dalam daftar rujukan.

Dalam perujukan, dikenal beragam gaya dan model penulisan rujukan yang berlaku di lingkungan akademik meliputi beberapa model antara lain APSA (American Political Science Association), AMA (American Medical Association), APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), CBE (Council of Biology Editors), Chicago dan Turabian, Harvard, dan Vancouver. Sekalipun secara prinsip memiliki aturan standar yang sama, masing-masing mengembangkan dan/atau memiliki keunikan dalam merujuk dan menyusun daftar Pustaka atau bibliografi.

Dari beragam gaya tersebut, pada prinsipnya dalam perujukan terdapat 4 komponen yang harus dicantumkan dalam perujukan meskipun denan style dan model yang berbeda yaitu:

  1. Who – wrote /edited it – author or editor yang berkenaan dengan nama penulis atau editor
  2. When was it written – date berkaitan dengan waktu penulisan yang disematkan dalam bentuk tanggal bulan dan tahun
  3. What is it – title of book, title of the article & serial/journal, title of the web  document berkenaan dengan judul artikel, buku, atau jurnal atau sumber lain.
  4. Where was it published (Books) – place of publication– usually city and country and publisher’s name; the article located (Serial/journal) – volume number, issue  number and page numbers of the article; and Where you located it (Internet sources) – URL – web address. Ini berkaitan dengan dimana sumber rujukan tersebut di terbitkan siap penerbitnya.

Keempat hal tersebut berlaku untuk semua style perujukan.

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply