Template Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Penulisan laporan karya tulis ilmiah merupakan kegiatan terakhir dari suatu rangkaian proses penelitian, dan bukan merupakan kegiatan yang mudah.

Bagaimana penulisan dan penyusunan dari isi laporan harus mengikuti aturan- aturan yang berlaku, yang merupakan kesepakatan ilmiah agar mudah dipahami oleh pembaca. Laporan penelitian merupakan ungkapan tentang ha-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan penelitian. Dengan demikian tentu isi laporan bukan hanya tentang langkah-langkah yang telah dilalui oleh peneliti saja, tetapi juga latar belakang permasalahan, kerangka berpikir, dukungan teori, dan sebagainya yang bersifat memperkuat makna penelitian.

Bentuk, isi dan cara melaporkan, akan menentukan bagaimana proses kegiatan penelitian berlangsung dan hasil penelitian itu dapat memberikan gambaran kemanfaatan penelitian itu bagi masyarakat. Untuk berhasilnya proses penyebaran hasil-hasil penelitian itu perlu adanya cara-cara yang harus diikuti. Pertama kali harus dipertimbangkan siapa yang akan menjadi penerima laporan hasil penelitian itu. Begitu pula bentuk, bahasa dan cara melaporkan harus diarahkan untuk memudahkan dimengertinya laporan tersebut. Dalam membuat laporan hasil penelitian, tabel dan diagram sangat berguna untuk menyajikan data yang dikumpulkan. Selanjutnya penelitian itu akan dianggap penting tergantung pada cara interpretasi dari penemuan-penemuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *