Temu pendidik Daerah (TPD-4) Maros

Temu pendidik Daerah (TPD-4) Maros dilaksanakan oleh Komunitas Guru Belajar GBM (Guru Belajar Maros). Dalam kegiatan ini dibicarakan topik tentang Serba serbi Pembelajaran Jarak Jauh. Nara Sumber kegiatan ini adalah Usman Jabbar Ketua KGBN, Amal Hasan GEG Sulsel dan Muh. Zainal Hasjim Narablog Maros.

Usman Jabbar dalam penyampaiannya menegaskan bahwa karena Covid-19 ada kondisi dimana Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa “terpaksa” bertransformasi dalam melaksanakan pembelajaran. Ada hal menarik menurutnya bahwa dengan pembelajaran jarak jauh peran orang tua harus menjadi lebih dominan karena orang tua sudah menjadi partnership guru dalam membantu anaknya dapat belajar secara mandiri di rumah dengan dampingan orang tua. Usman Jabbar menegaskan bahwa target pembelajaran jarak jauh jangan sampai sama dengan target pembelajaran konvensional.¬†

Pada sesi ini Muh Zainal menegaskan bahwa dalam pembelajaran jarak jauh terdapat tiga elemen utama yang harus diperhatikan guru yaitu teknologi, kontent dan desain instruksional. Ketiga komponen dan elemen ini haru diperhatikan agar dapat menfasilitasi secara nyata siswa dalam menunjang keberhasilan belajarnya.

Amal hasan menegaskan bahwa sebenarnya sistem PJJ atau pembelajaran online itu berbasis cloud Computing yang sifatnya arrivable yang kebetulan catalisatornya adalah covid-19. Ada transformasi pembelajaran online yang didukung oleh cloud computing. Perangkat hanya menjadi remote dari seluruh resources pembelajaran yang menggunakan tools dan intervace yang sifatnya memudahkan. Menjadi sulit karena yang dilakukan adalah proses mengubah kebiasaan dalam bekerja.

Pertemuan ini diakses kurang lebih 30 Guru dari Kabupaten Maros.

 

Leave a Reply