Hidup dan Perjuangan

Bagaimanapun, hidup itu tak bisa berseberangan makna dengan perjuangan. Hidup dan perjuangan adalah kata yang tak sepadan tapi sehaluan. Bagaimana seseorang bisa bertahan hidup jika tak beriringan dengan perjuangan. Tak ada seorangpun yang mampu mempertahankan kehidupannya tanpa ada perjuangan yang dilakukannya.

Seorang ayah yang setiap hari banting tulang mencari nafkah dan dibantu seorang ibu adalah merupakan bagian dari rentetan perjuangan yang dilakukan untuk bertahan hidup untuk diri dankeluarganya. Banyak orang yang menghabiskan energinya untuk kehidupannya tetapi seakan lupa bahwa apa yang dilakukannya adalah sebuah perjuangan suci. Jika tidak segera lari dari pemahaman tersebut, maka kadangkala seseorang akan terpuruk, putus asa dan kehilangan semangat hidup jika apa yang dilakukan tidak berbuah sesuai dengan yang diinginkannya. Padahal perlu dipahaminya bahwa setelah melakukan aktivitasnya maka pahala perjuangan telah direngkuhnya.

Sama dengan seorang gadis manis yang menghabiskan waktu setelah kuliah dengan bekerja. Bekerja untuk membantu perjuangan orang tuanya. Bekerja untuk menutupi kebutuhan kuliahnya. Mungkin tak sadar bahwa dia telah bekerja sebagai bentuk perjuangan untuk meringankan beban perjuangan orang tuanya. Ada pahala luar biasa telah dikumpulkan baginya dan bagi orang tuanya. Dilakukannya tanpa sadar bahwa dia telah kehilangan waktu untuk bermain, kehilangan waktu bersama teman-teman kuliahnya.

Itulah hidup. Harus identik dengan perjuangan dan menyadari sepenuhnya bahwa semua yang dilakukannya adalah sebuah perjuangan suci untuk dirinya dan orang terdekatnya.

#Uaksenabelajarnulislagitapi bukandifacebook

Leave a Reply