MotoGP, EURO, dan Ramadhan

MotoGP, EURO, dan RamadhanKebahagiaan. Hakikatnya sebenarnya adalah ketika seseorang dengan seluruh jerih payahnya menikmatinya hingga membuatnya berbahagia. Kebahagiaan itu ditunjukkan dengan tidak mengingat urusan atau aktivitas lain selain apa yang dinikmatinya. Aktivitas yang dilakukannya merupakan skala prioritasnya saat itu. Furnham (2008) juga menyatakan bahwa kebahagiaan merupakan bagian dari kesejahteraan, contentment, to do your life satisfaction or equally the absence of psychology distress. Ditambahkan pula bahwa konsep kebahagiaan adalah merupakan sinonim dari kepuasan hidup atau satisfaction with life (Veenhoven, 2000). Diener (2007) juga menyatakan bahwa satisfaction with life merupakan bentuk nyata dari happiness atau kebahagiaan dimana kebahagiaan tersebut merupakan sesuatu yang lebih dari suatu pencapaian tujuan dikarenakan pada kenyataannya kebahagiaan selalu dihubungkan dengan kesehatan yang lebih baik, kreativitas yang lebih tinggi serta tempat kerja yang lebih baik.

Kebahagiaan adalah sesuatu yang membuat pengalaman yang menyenangkan berupa perasaan senang, damai dan termasuk juga didalamnya kesejahteraan, kedamaian pikiran, kepuasan hidup serta tidak adanya perasaan tertekan. Semua kondisi ini adalah merupakan kondisi kebahagiaan yang dirasakan seorang individu.

Kebahagiaan menyambut Ramadhan

Ramadhan tahun 2016 menjadi bagian dari agenda Perhelatan MotoGP dan Sepakbola Piala Eropa (EURO 2016). Aktivitas Ramadhan yang menghendaki peningkatan ibadah melalui amaliah ramdhan harus ditambahkan dengan agenda motoGP dan agenda menonton sepak bola piala EURO 2016.

Jumlah penonton mencapai Angka 46.759 juta orang berada dalam jalur menjadi jumlah penonton tertinggi rata-rata sejak Piala EURO digelar. Sementara jumlah penonton MotoGP mencapai angka rata-rata pada satu sirkuit sebanyak 9.673.699 orang melalui TV dan Streaming online, sementara rata-rata yang langsung menyaksikan pada lintasan sebanyak 2.717.314 orang. Sebuah jumlah yang sangat spektakuler.

Bagaimana dengan ramadhan. Bagaimana tingkat partisipasi peserta Ramadhan kali ini. Ramdhan di 2016 sepertinya masih menganut pola lama, dengan 10 hari pertama, hingga 10 hari terakhir. Jumlah akan menurun hingga menjelang akhir ramadhan. Jika Piala Euro mengharuskan penonton mengeluarkan biaya yang sangat tinggi hanya untuk menyaksikan langsung pertandingan sepak bola,demikian halnya dengan motoGP, akan tetapi angka fantastis penonton sangat luar biasa. Bahkan jika sudah mencapai gelaran akhir seperti final Euro atau Sirkui terakhir penentuan juara dunia motoGP persentase kenaikanpenonton sangat signifikan. Kondisi ini terbalik dengan kondisi angka partisipan peserta RAmadhan.

Sederhana, tetapi paling tidak hal ini dapat menjadi sebuah bahan pemikiran dan introspeksi diri bagi kita semua, bahwa ternyata angka pasrtisipasi kita terhadap Ramadhan masih sangat rendah. Bisa jadi karena Ramdhan tidak lagi menjadi prioritas dalam keseharian kita. Menonton MotoGP atau Piala Eropa bukan sesuatu yang diharamkan, akan tetapi mesti melakukan dengan persentase rasional antara aktivitas lainnya.

 

Leave a Reply