3 komponen penting pada metode penelitian

Peneliti dalam melakukan penelitian harus memperhatikan secara detail metode penelitian. Bagian ini menjadi panduan bagi peneliti untuk melakukan penelitiannya

Bagi penulis pemula, menyusun metodologi penelitian kadangkala mengalami kesulitan. Sementara urgensi penelitian terletak pada bagian ini. Metode penelitian akan membantu secara prosedural, agar hasil penelitian yang diperoleh kapabel dan dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris.

Bagaimana menuliskannya dalam naskah. Beberapa template penelitian apalagi jurnal ilmiah, biasanya menyusun secara terstruktur. Akan tetapi keseluruhannya memuat jenis penelitian, waktu penelitian, variabel dan definisi operasional variabel atau fokus penelitian pada penelitian kualitatif, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, populasi dan sampel penelitian, teknik analisis data termasuk uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka dua hal penting ini perlu diperhatikan dalam merekonstruksi metode penelitian adalah sebagai berikut:

Pertama: Data dan sumber data

Dalam bagian ini data dan sumber data harus dituliskan termasuk sumber data yang diperoleh. Pengumpulan data sangat tergantung pada jenis data yang dikumpulkan, apakah data kualitatif atau kuantitatif. Jenis data dapat disederhanakan menjadi data primer dan data sekuder dalam penelitian. Data ini diperoleh dari sumber data apakah dari responden (jika penelitian kualitatif) dan informan (jika penelitian kuantitatif).

Kedua: Jenis penelitian

Jenis Penelitian secara umum dikena dengan penelitian Kualitatif, dan penelitian kuantitatif. Pada perkembangan selanjutnya juga telah dikenal penelitian Mix Method yaitu penelitian yang menggabungkan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menentukan kecenderugann peneliti pada salah satunya sebagai premier penelitiannya.

Ketiga: Bagaimana data dianalisis

Setelah data dikumpulkan, lalu data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data sesuai dengan jenis penelitiannya. Jika dalam proses analisis data menggunakan adopsi atau modifikasi metode maka perlu dituliskan sumbernya, sementara jika merupakan modifikasi, maka penulis harus menuliskan alasan dan pertimbangan melakukan modifikasi terhadap analisis data tersebut.

Pada bagian ini beberapa komponen yang di analisis, diantaranya adalah bagaimana cara penarikan sampel dari populasi jika penelitian kuantitatif dan subjek dan objek/informan penelitian jika penelitian kualitatif. Perlu juga dideskripsikan secara runtut prosedur analisis data yang dilakukan, prosedur pengumpulan data, termasuk cara perhitungan. Keseluruhan hal tersebut akan di uraikan secara detail, termasuk melakukan interpretasi terhadap nilai perolehan dari hasil analisis.

Ketiga bagian ini penting untuk dituliskan dalam bagian metode penelitian pada artikel ilmiah.

Leave a Reply