Hikayat Kalbu 2

berharganya waktu, karena setiap saat engkau selalu bersamaku
berharganya hidup, karena merendanya bersamamu
lalu mengapa engkau selalu beranjak pergi

Banyak kalimat sakti yang begitu sanga menghargainya waktu. “Time is Money”, paling larislah diseantero jagad. Aku lalu tergelitik dengan kesaktian waktu.Tapi jika kuterjemahkan sederhana waktu itu mudahlah untuk kuhitung. Berapa detik, menit, jam, hari, bulan, Tahun, Abad dan seterusnyalah. Tapi seperti itukah aku harus menghitungnya. Lalu apakah waktu sekedar seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. wah terlalu berat memang.

Yang menarik sesungguhnya bagiku, karena waktu memiliki keunikan tersendiri. Tak ada sekalipun yang mampu me-rewind waktu itu. Lalu tak pernah pula aku menemukan waktu yang persis sama. Selalu saja waktu menyemat kenangan. Selalu saja kupahami setelah waktu menjadi kenangan.  Sulit bagiku menghargainya saat aku pertama bertemu dengan waktu. Ah memang waktu tak mudah kupahami.

Tapi sungguh aku hanya berusaha memahaminya dari bagaimana aku menghargai waktu itu. Berharganya waktu bukan karena aku sedang menikmatinya sendiri. Tapi selalu menjadi mukjizat bagiku kala kunikmati bersama yang lain, bahkan dengan kecoa sekalipun. Saat kecoa kukujar hingga beratus-ratus detik hingga kecoa itupun mati. Bagiku waktu itu menjadi waktu yang sangat menjengkelkan. Tapi jika dipikir-pikir meski menjengkelkan bagiku, bagi kecoa bahkan menjadi musibah.

Waduh…. lalu bagaiana aku menggunakan waktu bersamamu tidak seperti aku dan kecoa. Bisakah waktu direnda bersama dengan cara yang lebih apik. hingga Waktu itu tak perlu menjadi sebuah bencana bagi kita berdua. Ataukah memang sekali-kali perlulah waktu menjadi bencana bagi kita berdua.

Yang kuinginkan, aku dan kamu menikmati waktu bersama dengan cara apapun.

uak, Mei 11

4 Replies to “Hikayat Kalbu 2”

Leave a Reply