Tahukan anda Tentang Balapan WRC

Persaingan mobil-mobil di dunia olahraga salah satunya adalah World Rally Car disingkat WRC, yang memiliki settingan mobil hampir sama dengan mobil massal mulai dari model sampai pada upgrade transmisi, mesin dan suspensi, kecuali pemberian turbocharged dengan torsi massa kurang lebih 300bhp. Dengan spek tersebut mobil yang dipakai di WRC dapat mencapai kecepatan awal kurang lebih 100kph pada transmisi 1 dengan waktu kurang dari tiga detik. Top speed mobil ini juga sangat tergantung pada settingan engine mereka.

Seperti dikutip situs Resmi WRC bahwa Mobil Produksi World Rally Championship (P-WRC) adalah seri utama FIA untuk mendekati spesifikasi mobil massal dengan empat-wheel drive, turbocharged, sedangkan untuk kelas Junior World Rally Championship (J-WRC) adalah dilengkapi dengan dua-wheel drive hatchback non-turbocharged. yang dimaksudkan untuk memperoleh bibit baru untuk driver WRC Senior.

WRC berada di bawah naungan Federation Internationale de l’Automobile (FIA), badan motorsport Internasional. Kebanyakan WRC reli dalam pelaksanaannya sama dengan balapan lainnya dimana dua hari sebelumnya yaitu pada hari Selasa dan Rabu, melakukan test lintasan bagi driver dan co-driver dan pada hari berikutnya melalukan test kemampuan mesin penentuan jarak tempuh tercepat untuk menentukan race pada hari sabtu atau hari minggu.

Kompetisi WRC sebenarnya lebih sederhana dibandingkan F1. Perlombaan dibagi dalam beberapa etape (biasanya antara 15 dan 25) dari ‘etape khusus’ yang digelar pada jalanan umum. Driver bersaing dari setiap tahap khusus pada jalan yang normal, Selama tahap khusus, co-driver, atau navigator, membaca catatan kecepatan untuk mengingatkan pengemudi tentang kondisi di jalan depan.

Pada akhir rally, driver yang telah menyelesaikan semua tahapan khusus dalam total waktu terpendek adalah pemenangnya. Poin dialokasikan untuk sepuluh pembalap teratas dalam setiap kompetisi dengan skor 25-18-15-12-10-8-6-4-2-1. Sehingga pada gelaran WRC tidak ada keharusan untuk melakukan tacking atau over tacking, karena juara ditentukan oleh jumlah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan setiap etape.

Sumber pokok: http://www.wrc.com/about-wrc

One Reply to “Tahukan anda Tentang Balapan WRC”

Leave a Reply