Trik Sederhana Memulai Menulis

Berangkat dari semboyan beberapa penulis hebat mengatakan bahwa “menulis itu bukan bakat” menjadi motivasi tersendiri untuk menggeluti aktivitas satu itu. Semboyan ini mengisyaratkan bahwa semua orang dapat memeiliki keterampilan menulis. Keterampilan berarti dalam teori pendidikan berarti dapat dikuasai oleh seseorang melalui latihan secara periodik dan terus menerus. Akhirnya mulailah menulis apa saja yang terlintas di dalam pikiran. Pada mulanya menulis bagi setiap orang dimulai pada saat menginjak remaja dengan sangat rutin menuliskan sesuatu di diary atau buku harian. Sebenarnya kegiatan menulis di diary itu menjadi salah satu trik sederhana memulai menulis dengan cara membiasakan dan melatih diri menuangkan ide pikiran, peristiwa dalam bentuk bahasa tulis.

Menulis kadang bagi sebagian orang terkendala pada saat akan memulainya. Dari beberapa pengalaman yang saya lalui akan sulitmenulis suatu naskah jika harus memulai dari awal. bisa saja menulis itu dimulai dari bagian mana saja, bahkan kadang menulis penutup sebelum menuiskan awal dan isi dari tulisan atau naskah. Sebagai langkah awal untuk memulai menulis memang butuh perjuangan tersendiri, karena disamping ide atau gagasan itu dapat dituliskan secara runtut, juga harus terikat dengan kaidah berbahasa tulis yang baik. akan tetapi sebenarnya jika tulisan itu dimaksudkan untuk menyampaikan ide dan gagasan kita maka kunci penggunaan mahasa adalah adalah menggunakan bahasa yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca kita. Maka seyogyanya ide dan gagasan yang akan kita tuliskan harus juga mempertimbangkan segmen pembaca kita.Disini juga dibutuhkan trik sederhana memulai menulis ide dan gagasan itu.

Trik sederhana yang memulai menulis sebenarnya sangat banyak, dan biasanya tergantung dari siapa yang menshare triknya, karena setiap orang berbeda dalam memulai menulis. Pada tulisan tentang Postingan sebagai media informasi menguraikan tentang bagaimana trik menulis secara terstruktur dengan membangun mind set atau grand teori terhadap apa  yang akan dituliskan. akan tetapi dapat saja seseorang menggunakan trik sedehana untuk memulai menulis seperti menggunakan bahasa lisan seseorang yang kemudian dituliskan dalam bentuk bahasa tulis (Contoh Naskah Pidato). Mendengar seseorang bicara dapat membantu seseorang untuk menuliskan sesuatu dari hasil pembicaraan orang lain. Atau paling sederhana adalah dengan menuliskan apa yang kita sendiri ucapkan. Bagaimana caranya?

Trik Sederhana memulai menulis dari bahasa lisan kita sendiri

Untuk menuliskan bahasa lisan atau ucapan kita sendiri mudah dilakukan. Seseorang hanya butuh menyiapkan beberapa alat di ataranya alat rekam (Tape Recorder or HP yang memiliki fasilitas recorder). Setiap muncul ide dalam pikiran hendaknya direkam melalui alat rekam, kemudian setelah direkam kita dapat memutar ulang apa yang telah kita rekam itu untuk dibuat dalam bentuk tulisan. Proses rekaman ini dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan sedapat mungkin yang direkam itu adalah rekaman pembicaraan dengan tema yang sama. Seorang mahaiswa dapat menuliskan naskah kuliah berdasarkan penjelasan dari dosen atau teman-temannya pada saat diskusi. Seseorang bisa merekam dirinya pada saat berdiskusi dengan tema tertentu di cafe, warung kopi. dan Bahkan kita dapat menuliskan naskah yang bersumber dari hasil obrolan chating. Setelah semuanya terekam dengan baik maka kita dapat menuliskannya dengan menyusun berdasarkan susunan dan struktur tulisan yang kita kehendaki. Perlu juga di garis bawahi bahwa setelah menulis naskah hendaknya membacanya berulang-ulang sehingga akan menemukan keterpaduan antara setiap paragraph, ketepatan bahasa sehingga tidak bermakna ganda pada topik atau tema yang akan disampaikan. Dapat pula anda melakukan hal sederhana sebelum memulai menulis dengan menetapkan tema yang tidak asing seperti menceritakan lingkungan sekitar, seperti keindahan alam, panorama senja atau menguraikan makanan khas, oleh oleh Makassar, oleh oleh tradisional di daerah sendiri.

Semoga Trik sederhana memuliai menui ini dapat membantu. Terima kasih

 

Leave a Reply