Bagaimana menjadi Presenter Hebat?

Kebanyakan dari presenter pemula menghadapi ketakutan, atau kalau tidak disebut menciptakan ketakutannya sendiri. Berlatihlah, dan belajarlah dengan membaca berbagai macam literatur untuk membangun confidence.

Menjadi presenter yang mumpuni dan superpower dianggap sebagai sebuah hal yang mustahil bagi sebagian orang. Banyak yang berpandangan bahwa menjadi presenter atau public speaking adalah bawaan, bakat dan kemampuan yang dibawa sejak lahir. Sebenarnya pernyataan ini tidak seluruhnya benar. Bahwa bakat memang menjadi salah satu di atara sekian banyak faktor yang menjadikan seseorang mampu menjadi publik speaking yang baik. Akan tetapi tidak menjadi faktor penentu utama.

Publik speaking adalah merupakan keterampilan. Artinya bahwa ada kemungkinan kemampuan tersebut lahir dari kesanggupan seseorang untuk secara intens mengasah kemampuannya dengan berlatih. Bukankah modal utama seorang publik speaking adalah berbicara. Dan semua orang memiliki kemampuan tersebut. Ada potensi setiap orang untuk berbicara. Hal ini terbukti dari setiap orang melakukan aktivitas berbicara dengan orang lain. Berbicara untuk menyampaikan ide, gagasan perasaan kepada orang lain.

Lalu pertanyaan mendasar adalah Mengapa kebanyakan orang menolak untuk berbicara dihadapan orang banyak?. Hal ini berarti bahwa ketidak mampuannya bukan terletak pada kemampuan berbicara, tetapi lebih kepada bagaiman berbicara di depan khalayak, berbicara di depan orang banyak. Hal ini dapat diatasi dengan berlatih dan berlatih secara terus menerus. Meskipun pada sisi lain beberapa faktor memang secara personal pembicara harus mengtasinya. Dan hal itupun juga harus diasah melalui latihan dan pembiasaan.

Kebanyakan dari presenter pemula menghadapi ketakutan, atau kalau tidak disebut menciptakan ketakutannya sendiri. Takut tidak di dengar, takut tidak menguasai materi, dan ketakutan lain yang diciptakan sendiri. “Speak Up” Bicaralah, dan jangan memaksa orang lain untuk mendengar atau menerima apa yang anda sampaikan. Paling tidak hal tersebut yang harus pertama kali ditanmkan dari awal. Beberapa trik yang harus dilakukan sebelum anda berbicara adalah membangun Confidence atau membangun rasa percaya diri.

Membangun rasa percaya diri tentu tak mudah dilakukan. Paling tidak hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan materi sederhana.

Materi yang disiapkan juga harus di kuasai dengan baik. Jangan berbicara atau menyampaikan sesuatu yang tidak anda pahami secara baik. Pasti anda akan kehabisan bahan atau materi. Ketakutan anda akan kesiapan bahan atau materi sangat tergantung pada kedalaman pemahaman anda terhadap materi tersebut. Oleh karena itu jangan sesekali menyampaikan materi yang anda tidak ahli dalam bidang tersebut.

Jika terpaksa, maka anda harus banyak mengumpulkan informasi terkait dengan materi yang harus anda bawakan.

Dengan penguasaan materi, anda sudah mulai membangun confidence anda secara perlahan. Jangan terburu-buru. Berlatihlah, dan belajarlah dengan membaca berbagai macam literatur. Selamat berlatih, anda Bisa!.

Leave a Reply