Building Learning Commitment

PENGANTAR BLC adalah salah satu mata diklat yang diajarkan untuk menyiapakn peserta agar dapat mengikuti diklat dengan sukses. Urgensi BLC didasarkan pada asumsi bahwa peserta terdiri dari orang dewasa yang telah memiliki potensi sehingga perlu menggunakan pendekatan andragogiek. Pada umumnya BLC menjadi materi pendahuluan agar dapat menumbuhkan kesadaran peserta, menarik dan menumbuhkan minat dan motivasi positif peserta serta menyiapkan peserta untuk menghilangkan skat psikologis dengan sesama peserta. Materi ini disajikan selama 180 menit atau 4jam pelajaran.

Pengertian BLC

BLC diterjemahkan sebagai materi untuk membangun komitmen belajar bagi peserta diklat. Hal ini dimaksudkan agar peserta dapat melibatkan diri atau berpartisipasi secara aktif selama pelatihan. Sebagaimana diketahui bahwa keberhasilan sebuah diklat sangat ditentukan oleh keterlibatan tiga komponen utama yaitu Widyaiswara, paitia dan peserta. Dengan memberikan materi BLC diawal diklat diharapkan akan membentuk kesamaan harapan, kekhawatiran dan membangun kooperatif antara peserta satu sama lain.
DAri beragam sumber diperoleh pengertian BLC yaitu:
  • Suatu proses pembelajaran untuk mempersiapkan peserta guna mengikuti proses belajar secara individual, kelompok dan menyeluruh, yang mengubah diri kearah positif baik secara intelektual maupun emosional.
  • Merupakan suatu proses membangun komitmen peserta diklat untuk mengikuti proses belajar secara individual, kelompok maupun bersama secara menyeluruh dalam upaya mengembangkan wawasan, intektual maupun  emosional.

Tujuan BLC:

  • Menghilangkan kecemasan/ketegangan dan jarak antara peserta dengan peserta, antara peserta dengan panitia, antara peserta dengan fasilitator.
  • Membangun suasana pergaulan yang informal
  • Menciptakan suasana persiapan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan
  • Mendorong peserta baik secara individual maupun kelompok siap untuk belajar kelompok

Leave a Reply