Hikayat kalbu 3

hari ini sungguh kupuja
resah dan rindu kupertemukan di beranda hatiku
hingga kulupa cinta telah membesut sukma


Setiap orang pernah merasa kehilangan. Kehilangan barang berharga, kehilangan rasa malahan. Terkadang pada saat masih dalam rengkuhan sepertinya yang kita rengkuh tak berarti apa-apa. Tetapi setelah tiada, seketika kita merasakan betapa berharganya sesuatu itu. Wah … semua orang seperti itukah. Atau hanya segelintir orang yang merasakannya. Ketika sepasang kekasih sedang memadu asmara, mereka seakan lupa bahwa suatu saat mereka akan berpisah. Siapkah sepasang kekasih itu untuk menanggung rasa kehilangan satu sama lain.

Kehilangan sebnarnya menurut hematku tak lebih dari urusan hati. Kehilangan meninggalkan resah. Resah kan tak lebih dari pekerjaan hati. Jika kehilangan orang yang dicintai…. bukankah masih lebih banyak lagi yang bisa di cintai. Lalu kan yang muncul hanya suasana hati yang berbeda. Ujung-ujungnya yah.. rindu hadir menjadi pelengkap. Jadilah suasana hati menjadi amburadul.

Benarkan jika seseorang kehilangan orang lain. Lalu benar-benar kehilangan. Mungkin tidak demikianlah. Secara fisik IYYA, seseorang yang biasa ada disisi kita memang tidak ada. Tapi apakah kita lalu tidak mengingatnya lagi, tidak membayangkannya minimal. Atau bahkan raut wajahnya masih saja terbayang. Jika kita membenci seseorang, atau sesuatu benda bukan berarti lalu kita membuangnya jauh-jauh. Tetapi selalau saja diingat sekalipun kita sangat membencinya.

Nah apalagi jika kita tidak lagi bersama denganorang yang dicintai. Pastilah selau ada dalam lubuk hati kita. Lalu mengapa kita selalu mengatakan bahwa kita kehilangan dirinya. Ah rasanya kurang terlalu benar. Toh dia masih tetap ada. Memang seseorang itu ada dalam cara kita meng-ADAKAN-nya. Jadi seharusnyalah kita tak merasa kehilangan toh sesuatu yang dianggap hilang itu tetaplah ada dalam jatidirinya. Apalagi Cinta, tak akan pernah hilang karena kita bahagian dari yang kita cintai, sepanjang rasa cinta itu tetap ada.

UPARIATIKI ……

uak, Mei 11

Leave a Reply