Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran memang sangat membantu siswa dan membantu guru sekaligus. Akan tetapi dalam penggunannya guru juga harus memahami beberapa hal yang berkaitan dengan media pembelajaran sebelum media tersebut di gunakan. Di antara sekian banyak hal yang harus diketahui oleh guru, salah satunya adalah landasan pertimbangan penggunaan media pembelajaran. Seperti diketahui bahwa dalam setiap proses belajar mengajar antara guru dan siswa mempunyai tujuan yang sama, yaitu siswa mengalami perubahan yang positif dan sebelum proses belajar mengajar dilalui dan sesudah proses belajar mengajar berlangsung meskipun ada perbedaan-perbedaan yang terdapat antara setiap siswa dalam melakukan kegiatan belajar. Perbedaan itu terdapat pada tingkat keterampilan kognitifnya, dapat pula cara siswa menangkap pengetahuan yang baru, serta pada tingkat keterampilan motoriknya. Kalau guru bertolak dari pemahaman bahwa penggunaan media dalam proses belajar mengajar bertujuan untuk memudahkan siswa belajar, maka dalam penggunaan media harus juga memperhatikan adanya perbedaan-perbedaan pada diri setiap siswa (Oemar: 1981:3).

Piaget dengan teori perkembangan intelektualnya mengatakan bahwa perkembangan anak mengikuti fase-fase perkembangan. Fase-fase itu : fase sensori motor, fase proporsional, fase konkret operasional, dan fase formal operasional. Fase-fase itu ternyata dapat meningkatkan minat belajar anak dengan mengatur tahap-tahap belajarnya.

Guru sebaiknya mengembangkan proses belajar mengajar dengan mengikuti tahap-tahap berikut:

  1. Tahap eksplorasi
  2. Tahap pengenalan konsep
  3. Tahap mengaplikasikan konsep

Oleh karena itu, setiap penggunaan media dalam proses belajar mengajar guru harus memahami tingkat perkembangan intelektual siswa. Guru juga harus memperhatikan apakah media pembelajaran yang digunakan itu untuk meningkatkan tahap eksplorasi, tahap pengenalan konsep, ataukah tahap pengaplikasian konsep.

Kriteria pemilihan media pembelajaran

Sebagaimana pada uraian sebelumnya bahwa pemilihan media pembelajaran mestilah mengedepankan pertimbangan kondisi dan latar belakang siswa baik pada aspek perkembangan dan kematangan siswa maupun pada aspek tahapan pembelajaran yang harus diikuti oleh siswa, maka dalam penetapan atau penentuan media pembelajaran sedapat mungkin memperhatikan beberapa kriteria dalam memilih media pembelajaran. Pertimbangan pokok dalam memilih media, terdiri atas beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Menunjang tercapainya tujuan pembelajaran, Media pembelajaran yang akan digunakan sedapat mungkin dapat membantu dan mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
  2. Media yang dipilih hendaknya selalu disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penyesuaian ini dapat dilihat dari aspek umur siswa atau kemampuan siswa sendiri untuk memahami media yang digunakan. Jika tidak maka media tersebut tidak lebih akan menjadi sebuah pajangan belaka
  3. Media yang digunakan hendaknya tepat guna artinya dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang dipelajari
  4. Media yang dipilih hendaknya memang tersedia, artinya tersedia alat/bahannya atau tersedia waktu untuk mempersiapkan dan mempergunakannya.
  5. Media yang dipilih hendaknya disenangi oleh guru dan siswa.Media yang dipilih hendaknya di minati atau disenangi oleh siswa dan termasuk guru sendiri. Disinilah perlunya guru kreatif untuk menciptakan media pembelajaran agar dapat disesuaikan dengan apa yang disenangi guru dan disukai oleh siswa
  6. Persiapan dan penggunaan media hendaknya disesuaikan dengan biaya yang tersedia. Hal ini biasanya menjadi hambatan pokok karena memaksakan menggunakan media sementara tidak didukung oleh dana ang memadai. Hendaknya media yang digunakan adalah media tepat guna, atau media pembelajran sederhana yang dapat dijangkau oleh siswa dan guru.
  7. Kondisi fisik lingkungan turut mempengaruhi media. Oleh karena itu, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan pada saat merencanakan penggunaan media.

Beberapa pertimbangan tersebut di atas dapat digunakan sebelum menetapkan media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.

Leave a Reply