Media Pembelajaran Sederhana 3

Media Pembelajaran Sederhana bagian ketiga ini akan membahas tentang bagaimana menggunakan barang-barang bekas untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Disamping dapat meningkatkan kreatifitas guru dan siswa, juga sangat mudah diperoleh serta dapat membantu untuk melakukan daur ulang terhadap sampah atau barang bekas untuk manfaat yang lain. Untuk menggunakan Media Pembelajaran Sederhana dari barang bekas, memang sedikit dibutuhkan kreatifitas dari guruuntuk memilih jenis barang bekas yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Untuk kesempatan kali ini, media pembelajaran sederhana yang akan digunakan adalah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran Pendidikan agama Islam.

Media Pembelajaran Sederhana untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Media Pembelajaran Sederhana yang dapat digunakan pada materi atau mata pelajaran pendidikan agama islam sangat banyak. Beberapa materi pelajaran yang dapat diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran di ataranya adalah materi Sholat, dan Wudhu. Pada bahasan kali ini kami mencoba untuk menguraikan Media Pembelajaran Sederhana ini adalah media Wayang kertas yang dimaksudkan untuk mengajarkan materi wudhu dan gerakan sholat. Biasanya untuk materi ini, guru lebih banyak menggunakan metode demonstrasi untuk mengajarkannya, akan tetapi jika menggunakan methode demonstrasi tanpa dukungan media,  maka guru akan kesulitan mengulang gerakan sholat dan wudhu, dan tentu membutuhkan tenaga ekstra, meskipun melibatkan siswa lainnya untuk mendemonstrasikan. Selain metode Demonstrasi, biasanya guru juga menggunakan media Canggih berbasis komputer seperti CD/DVD, Video/Film. Bagi sekolah tertentu ini sangat membebani karena keterbatasan ketersediaan sarana dan fasilitas tersebut. Oleh karena itu, maka guru harus mampu menggunakan Media Pembelajaran Sederhana yang berfungsi untuk memvisualisasikan gerakan wudhu dan sholat tersebut dengan menggunakan barang-barang bekas.

Cara membuat Media Pembelajaran Sederhana

Sebelum menguraikan cara membuat Media Pembelajaran Sederhana dari barang bekas ini terlebih dahulu ditentukan bentuk media yang dimaksud. Media ini adalah media visualisasi bagi siswa untuk mengetahui gerakan whudu dan sholat secara tertib dan beraturan. Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapakan bahan yang diperlukan yaitu Karton Bekas, Kertas bekas, Stick Es Cream
  2. Menyiapak Alat yaitu: Pinsil, pulpen, penggaris, Spidol Warna, Lem, Gunting,
  3. Langkah Pembuatan: Pertama buatlah gambar gerakan shalat atau wudhu untuk setiap gerakan mulai dari awal. Untuk Gerakan Sholat dari Takbiratul Ihram sampai Salam, sedangkan Wudhu mulai dari mencuci tangan sampai mencuci kaki. (Setiap gerakan dibuat satu gambar). Kedua Setelah membuat gambar setiap gerakan dalam kertas guntinglah mengikuti garis pinggir dari gambar yang sudah di buat. Ketiga; Rekatkan menggunakan lem kertas gambar yang telah digunting ke atas permukaan karton tebal yang sudah disiapkan. Keempat; gunting karton mengikuti bentuk dari gambar yang telah ditempelkan diatasnya. Kelima; Rekatkan stick Es Krim pada bagian belakang gambar yang telah dibuat sebagai pegangan.

Cara menggunakan Media Pembelajaran Sederhana

Cara membuat Media Pembelajaran Sederhana dari barang bekas ini sangat mudah. Prosedur penggunaanya dapat ditentukan oleh guru sendiri sesuai dengan kondisi kelasnya. Salah satu contoh penggunaan media ini adalah sebagai berikut:

  1. Guru membagikan gambar tadi kepada setiap siswa (Jika gerakan sholat sekurang-kurangnya ada 9 gerakan atau 9 gambar yaitu Takbiratul Ihram, Bersedekap, Ruku’, Sujud, Duduk di atara dua sujud, tahiyyat awal dan akhir, serta salam)
  2. Setelah gambar di bagikan guru dapat memberikan instruksi kepad siswa untuk berdiri didepan kelas berdasarkan urutan gerakan sholat tersebut. (Yang pertama-tama adalah Siswa yang memegang gambar Takbiratul Ihram). Jika sudah memahami gerakan guru juga dapat meminta siswa untuk mendemonstrasikan, menyebutkan doa dan bacaan pada setiap gerakan pada gambar yang dipegangnya.
  3. Siswa lain yang tidak mendapat tugas bersama dengan guru dapat mengevaluasi jika ada kesalahan dari gerakan atau urutan yang diperlihatkan.

Media Pembelajaran Sederhana ini  dapat digunakan pada siswa kelas rendah di tingkat SD, dan dapat pula guru meminta siswa membuat sendiri gambar dan gerakan tertentu sesuai dengan instruksi dari guru dengan maksud mempertinggi kreativitas dan daya cipta siswa. Langkah dan tata cara penggunaan media sederhana ini juga dapat digunakan untuk mempelajarai tata cara berwudhu yang baik dan benar. Semoga membantu.

 

 

One Reply to “Media Pembelajaran Sederhana 3”

Leave a Reply