Media Pembelajaran e-Learning

medium

Media pembelajaran sesungguhnya sangat beragam yang di maksudkan untuk membantu guru dan siswa agar dapat mngajar dan belajar dengan mudah. Penggunaan media pembelajaran menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran. Berbagai jenis dan bentuk media pembelajaran telah ada termasuk di dalamnya adalah media pembelajaran berbasis internet. Media pembelajaran elearning sebenarnya lebih terfokus pada metode atau pendekatan ataupun model pembelajaran yang dilakukan, akan tetapi sekaligus dapat menjadi saran atau media yang digunakan dalam belajar. Penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran e-learning ini sebenarnya juga bersesuaia dengan perubahan paradigma dalam pembelajaran.

Pembelajaran sebenarnya adalah perubahan dari istilah belajar. Hal ini didasarkan pada teori yang mendasarinya, bahwa belajar mengajar merupakan suatu bentuk atau model inteaksi belajar dan mengajar yang mengarah kepada pemisahan makna dan aktifitas antara belajar dan mengajar. Sehingga ini dianggap berdampak pada kegiatan belajar yang berpusak kepada guru. Sementara perubahan paradigama pembelajaran menekankan pada kegiatan belajar mengajar yang berpusat kepada siswa. Perubahan paradigma ini menuntut adanya perubahan arah dan model pembelajaran di mana siswa lebih banyak menggunakan potensi yang dimilikinya untuk memperoleh sumber dan bahan ajar dengan bantuan guru. Oleh karena itu, maka perlu ada penyediaan sarana dan sumber belajar yang memungkinkan siswa mengakses informasi dan materi pembelajarannya secara mandiri. Hal ini juga sesungguhnya kemudian menjadi dasar perlunya menggunakan media pembelajaran e-learning sebagai salah satu model pembelajaran dengan memanfaatkan media internet sebagai media pembelajaran di samping menjadi sarana untuk memperoleh sumber belajar sekaligus melakukan interaksi edukatif secara online.

Bagaimana menggunakan Media Pembelajaran e-Learning

Media pembelajaran e-learning sebenarnya bukan menjadi suatu hal yang mutlak, akan tetapi menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk berinteraksi antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan dengan tidak melakukan interaksi secara langsung di dalam kelas antara guru dan siswa. Akan tetapi melalui e-learning dapat dilaksanakan proses dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jarak jauh. Beberapa keuntungan dari penggunaan elearning sebagai media pembelajaran adalah bahwa siswa dapat secara langusung melakukan interaksi individual dengan guru terhadap satu pokok bahasan atau materi ajar yang tidak dipahaminya, dapat juga melakukan share informasi dengan orang lain atau siswa yang lain dari sekolah atau dari kelas yang berbeda. Tentu juga termasuk di dalamnya adalah siswa dapat memproleh materi ajar pendukung yang bersesuaian dengan materi pelajaran yang diterima di dalam kelas.

Pemanfaatan media pembelajaran e-learning juga selain memiliki beberapa keunggulan seacara langsung juga memeiliki beberapa hambatan di ataranya adalah kesiapan sumber daya guru dan siswa untuk mampu mengakses informasi elearnign secara online. Selain itu juga dibutuhkan media koneksi internet agar dapat terhubung secara global serta dibutuhkan perangkat keras seperti laptop atau komputer dimana sarana dan fasilitasi ini belum bisa dijangkau oleh semua praktisi pendidikan termasuk siswa.

Akan tetapi pemanfaatan media pembelajaran elearnning sudah seharusnya mulai dirintis atau diterapkan mengingat kondisi sekarang, di mana siswa sudah dengan mudah mengakses informasi internet, meskipun persentasi dari kesuluruhan siswa masih sangat rendah. Di samping itu pula perlu mengarahkan beberapa siswa dan guru yang telah memanfaatkan internet social networ seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya untuk berinteraksi secar aon line dengan menjadikan sarana tersebut sebagai media untuk melakukan komunikasi pembelajaran. Hal ini secara positif akan mengalihkan persentase aktivitas internet ke pada aktivitas elearning.

Menjadi tanggung jawab seluruh stake holders pendidikan agar dapat secara bersama-sama mewujudkan model pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran elearning untuk mendukung siswa memperoleh sumber dan materi belajar yang memadai, di samping memanfaatkan waktu yang selama  ini digunakan untuk mengakses jaringan sosial berbasis internet dengan juga sekaligus memanfaatkan media pembelajaran elearnning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran berbasis internet.

 

 

 

 

 

 

2 Replies to “Media Pembelajaran e-Learning”

Leave a Reply