Media Pembelajaran | Media Chart

medium

Media pembelajaran banyak jenisnya dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media harus ditentukan jenisnya berdasarkan jenis materi pelajaran yang akan di ajarkan. Salah satu jenis media yang dianggap efektif digunakan adalah media Chart. Media Charta merupakan media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan. Banyak materi yang menguraikan tentan gkonsep tertentu harus diuraikan dengan bantuan chart sehingga lebih mudah dipahami bagi siapa yang mempelajarinya.

Penggunaan Media Pembelajaran | Media Chart

Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penggunaan medi achart akan menguraikan secara jelas garis besar atau tahapan-tahapan dari suatu proses dan menyajikannya sekaligus paa satu konsep.

Cara penyajian media chart dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Beberapa cara penyajian chart antara lain menggambar chart di atas kertas dan membankitkan kepada semua anggota kelas, menggambar chart di atas papan tulis, menggambar chart di atas white board, di atas flip chart,  papan pengumuman atau dengan menggunakan OHP (Pasaribu, 1993).

Berdasarkan bentuk charta dibedakan menjadi bagan pohon (tree chart), bagan arus lurus (flow chart), bagan arus bercabang (stream chart) dan bagan garis waktu (time line chart) (Sadiman, 2002). Penggunaan flow chart akan menguraikan secara rinci berdasarkan tahapan dari suatu proses, misalnya untuk jaringan atau koneksi internet atau elearning pendidikan. Sementara untuk penggunaan stream chart adalah untuk menguraikan bagian-bagian dari konsep tertentu yang akan di ajarkan. Sementara untuk menguraikan tahapan suatu proses yang terikat oleh waktu maka lebih banyak digunakan time line chart.

Bagaimana menggunakan media chart dalam pembelajaran tentu guru sudah haru menetapkan konsep yang akan di ajarkan. Jika untuk mata pelajaran Biologi dapat menggunakan three chart untuk menggambarkan sistem respirasi manusia atau sistem pernapasan manusia, sementara untuk hubungan simiosis mutualisme dapat pula menggunakan media pembelajaran Media streem chart. Demikian juga halnya dengan pembelajaran sejarah dapat menggunakan media timeline chart untuk mengetahui fase sejarah tertentu atau menggunakan flow chart untuk mengetahui sislsilah dari tokoh tertentu. Penggunaan ini akan sangat membantu guru dan siswa dalam menguraikan atau memahami materi.

Sebagai contoh jika guru ingin menguraikan bagaimana tahapan pembuatan oleh oleh Makassar atau untuk mengetahui hubungan konektifitas antara siswa dengan guru pada saat melakukan interaksi pembelajaran melalui media pembelajaran elearning pendidikan, maka guru dapat menguraikannya dengan menggunakan flow chart seperti gambar di bawah ini:

Gambar Flow Chart

Keuntungan penggunaan Media pembelajaran | Media Chart

Media chart mempunyai beberapa keuntungan dalam penggunaannya antara lain sifatnya yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya besar dalam penggunaanya. Selain itu penggunaan media pembelajaran chart juga dapat mengefisiienkan waktu, termasuk mengefesienkan waktu belajar sehingga peserta didik dapat lebih cepat memahami materi atau konsep yang diajarkan. Keuntungan lain adalah bahwa ada penyederhanaan konsep dari keseluruhan konsep yang ingin dipelajari sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.

Di samping keuntungan lain dari media pembelajaran berupa Media Chart tersebut, juga akan sangat membantu siswa untuk menulis penjelasan dari materi dalam bentuk flow chart. Dan bahkan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih cepat memahami sesuatu berdasarkan urutan atau tahapan waktunya adalah dengan menggunakan media chart time line.

 

 

4 Replies to “Media Pembelajaran | Media Chart”

Leave a Reply