Media Pembelajaran Sederhana 2

Media Pembelajaran sederhana kali ini adalah media pembelajaran sederhana yang berasal dari lingkungan sekitar sebagai lanjutan dari media pembelajaran sederhana 1. Dalam teori media pembelajaran sederhana salah satu jenis media adalah media objek langsung. Yang berarti bahwa dalam menggunakan media obyek media pembelajarannya adalah media yang langsung menggunakan obyek aslinya. dan biasanya hal ini menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran. Penggunaan dan pemanfaatan media obyek langsung ini sangat mudah, karena hanya mengambil obyek yang tersedia di alam lingkungan kita.

Media Pembelajaran sederhana menggunakan media obyek langsung

Media pembelajaran sederhana menggunanakan lingkungan sebagai media adalah dengan memanfaatkan obyek langsung yang tersedi di lingkungan kita. Penggunaan media obyek langsung dalam kegiatan pembelajaran, berarti siswa dapat belajar melalui lingkungan.  Hal tersebut berarti bahwa guru dapat menjadikan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran sekaligus dan media obyek langsung, dapat digunakan guru sebagai sumber belajar, sekaligus menjadi media yang digunakan dalam kegiatn pembelajaran. Karena media tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka media obyek langsung dapat berupa benda hidup maupun benda mati (Rahadi, 2004).

Berdasarkan penjelasan tersebut berarti media obyek langsung itu berupa benda mati ataupun benda hidup seperti binatang yang tidak berbahaya bagi manusia seperti Sapi, Kerbau, tumbuhan dan segala jenisnya, Sementara untuk benda mati seperti Batu, kayu, tanah dan lain sebagainya. Tinggal guru dapat memilih dan menyesuaikan benda tersebut atau obyek yang akan dijadikan media yang bersesuaian dengan materi pelajaran yang akan diajarkan. Sebagai contoh dapat dikemukakan beberapa materi yang dapat enggunakan media obyek langsung adalah:

  1. Mata pelajaran Biologi dapat menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran seperti obyek Tumbuhan dan hewan. Penggunaannya dapat dilakukan dengan cara membawa siswa ke alam lingkungan dalam bentuk wisata untuk mengamati obyek Tumbuhan tertentu.
  2. Mata pelajaran Matematika, dapat menggunakan media lingkungan atau media obyek langsung seperti mengamati atau mengukur panjang atau tinggi suatu benda, mengetahui ukuran balok, kubus, kubik dan sebagainya.
  3. Mata pelajaran Bahasa indonesia, menggunakan media obyek langsung seperti manusia dalam menggunakan diksi, bahasa lisan, dialek, dan sebagainya. Pada bagian materi tertentu seperti wawancara, opini dapat dibuatkan laporannya oleh siswa dengan langsung berinteraksi dengan obyek manusia yang bersangkutan
  4. Mata pelajaran Pengetahuan sosial dan Seni budaya dapat menggunakan linkgungan masyarakat tertentu seperti jika ingin mendalami atau emahami karakter kebudayaan, simbol-simbol adat atau tradisi tertentu dari masyarakat.

Penggunaan media obyek langsung ini akan sangat membantu siswa dan guru untuk mengajar dan memahami suatu materi yang dipelajari atau di ajarkan.

Bagaimana merancang media pembelajaran sederhana dengan menggunakan media obyek langsung

Untuk memanfaatkan media pembelajaran sederhana dengan menggunakan atau memanfaatkan media obyek langsung ini dapat ditempuh langkah sebagai berikut:

  1. Guru menetapkan standar kompotensi dan kompotesi dasar yang akan dicapai.
  2. Membuat dan menyusun RPP dengan memasukkan penggunaan media pembelajaran atau obyek langsung yang akan di masukkan pada bagian Media atau sumber belajar dari RPP. (Sekedar mengingatkan bahwa komponen RPP sekurang-kurangnya terdiri dari: SK, KD, Waktu, Materi, Kegiatan Pembelajaran, Media dan Sumber Belajar, serta Evaluasi)
  3. Membuat langkah-langkah aktivitas siswa dan aktivitas guru pada saat memanfaatkan media sederhana yang bersumber dari lingkunganyang terdiri dari aktivitas Siswa sekurang-kurangnya terdiri dari; persiapan alat tulis, menulis atau mencatat hasil pengamatan terhadap obyek, menyusun laporan hasil pengamatan serta menyampaikan hasil pengamatan.
  4. Untuk guru mata pelajaran hendaknya telah menetapkan terlebih dahulu apakah aktivitas tersebut dilakukan secara mandiri atau berkelompok. Sehingga kegiatan siswa sampai pada pembuatan dan penyusunan laporan dilakukan secara kelompok atau mandiri.

Sebagai catatan bahwa jika guru menggunakan media pembelajaran sederhana menggunakan media obyek langsung hendaknya guru dapat memilih apakah obyek langusng tersebut di bawa ke dalam kelas ataukah siswa yang meninggalkan kelas dan berinteraksi dengan lingkungan. Akan tetapi hal ini juga sangat tergantung pada obyek langsung yang akan di amati. Jika obyek tersebut berukuran kecil dan tidak membutuhkan biaya maka obyek tersebut dapat dibawa kedalam kelas sepertu tumbuhan yang berukuran kecil atau binatang yang tidak berbahaya dan berukuran kecil seperti kucing, ayam dan sebagainya.

 

One Reply to “Media Pembelajaran Sederhana 2”

Leave a Reply