Postingan sebagai Media Informasi

Postingan untuk kalangan blogger sebenarnya tidak asing, dan bahkan menjadi salah satu potensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Postingan itu juga sering disebut sebagai “kontent” atau lebih sederhanya adalah informasi tertulis dalam suatu blog. Dari acara Kopdar KBM Maros juga sempat mendiskusikan dan berbagi informasi tentang hakikat dari postingan, bagaimana cara membuat postingan, bagaimana postingan di sebuah blog dapat menarik pembaca atau pengunjung, bagaimana sebuah postingan enak dibaca, informatif dan yang paling penting adalah bagaimana postingan itu bukan hasil copas atau duplikasi dari postingan orang lain.Yang pasti bahwa postingan sebagai bagian penting dari sebuah blog merupakan hal yang patut mendapat polesan tersendiri sehingga postingan selain sebagaikelengkapan sebuah blog, juga sekaligus berfungsi postingan sebagai media informasi.

Dari sekian banyak masalah yang terkait dengan postingan yang juga menjadi kendala utama adalah kesulitan menulis sebuah postingan yang menarik, postingan yang dibutuhkan banyak orang khususnya para pengguna jaringan internet sebagai sumber untuk memperoleh informasi. Sebenarnya masalah ini hampir dialami oleh siapa saja yang berusaha membuat suati informasi tertulis. Atau sebutlan menuangkan ide dan gagasan dari seseorang kepada orang lain dalam bentuk bahasa tulis (ih teorimi sede). Banyak hal yang terkait dengan tata cara membuat postingan, termasuk di dalamnya bagaimana trik-trik praktis dalam membuat postingan.

Kemampuan dasar membuat postingan sebagai media informasi

Trik sederhana membuat postingan setiap orang berbeda, akan tetapi siapapun perlu memeiliki beberapa hal dasar agar mampu menulis sebuah postingan. diantara kemampuan dasar tersebut adalah luas tidaknya wawasan yang dimiliki seseorang. Untuk menghasilkan tulisan yang baik tentu penulis harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai yang berkaitan dengan topik yang akan di tulisnya. tentu kemampuan ini harus didukung dengan pembiasaan membaca dan menggali informasi sebanyak mungkin tentang topik yang akan ditulisnya. Seharusnya sebelum menbuat postingan sedapat mungkin setiap orang mengangkat tema yang sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang dimilikinya. jika tidak maka akan berakibat postingan tidak akan encapai tujuannya yaitu menjadi postingan sebagai media informasi. Setiap orang yang membaca tulisan dalam postingan akan “kecewa” jika tulisan dalam postingan tersebut tidak menggabarkan secara utuh topik yang mendasari sebuah postingan.

Kemampuan dasar lain menjadikan postingan sebagai media informasi adalah dengan cara mengetahui topik apa yang paling diminati segmen pengunjung blog. Penetapan topik ini biasanya didasarkan pada informasi yang paling dominan atau menghangat diperbincangkan. Kecuali jika mind set sebuah blog sudah jelas, maka memilih topik yang akan di bahas dalam postingan tidak akan sulit. Misalnya jika blog itu berorientasi pada penyajian informasi kesehatan, maka topik yang akan dibahas adalah informasi yang berkaitan dengan kesehatan sehingga para pengunjunng membaca postingan sebagai media informasi kesehatan.

Cara sederhana memulai menulis postingan sebagai media informasi

Cara praktis yang dapat ditempuh untuk memulai menulis agar tulisan dalam postingan sebagai media informasi yang akuat dan dibutuhkan pengunjung adalah sebagai berikut:

  1.  Tentukan Topik, Topik sedapat mungkin merupakan grand teori dari informasi yang akan dituliskan, biasanya topik postingan merupakan teori yang mendasari esuatu atau tema atau obyek terntentu, seperti Topik kesehatan, kesehatan mata, kesehatan badan dan sebagainya sehingga postingan tersebut betul-betul dapat menjadi postingan sebagai media informasi kesehatan mata, kesehatan badan bagi pengunjung atau pembaca
  2. Tentukan Judul, Menetapkan judul agar postingan sebagai media informasi adalah dengan memasukkan keyword atau kata kunci dari topik yang sudah ditetapkan. Misalnya Topik “elearning pendidikan” maka judul sedapat mungkin memasukkan “elearningpendidikan dalam judul.
  3. Buat kerangka tulisan, kerangka tulisan dapat dibuat sesederhana mungkin yang menjadi kerangka dari kesuluruhan tulisan. Biasanya kerangka tulisan ini dapat dibuat dalam bentuk mind mapping atau peta sederhana terhadap apa yang akan ditulis. Jika seseorang ingin menulis tentang “elearning pendidikan” maka dapat disusun mind keranka tulisan sekurang-kurangnya tentang pendahuluan yang memuat apa itu elearning pendidikan, bagaimana memanfaatkan elearning pendidikan, dan mengapa harus menggunakan elearning pendidikan. Semua bagian tersebut diulas dengan memasukkan faktor internal dan eksterna yang turut berpengaruh terhadap tema tulisan yang dipilih.

Perlu diketahui bahwa dalam membuat postingan sebagai media informasi pada bagian pendahuluan memuat tentang latar belakang perlunya suatu topik, masalah yang muncul (idealitas dan realitas), sementara isi memuat mengapa suatu topik tertentu itu penting diketahui orang lain dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya, yang terkait dengan manfaat praktis, dan bagian terakir memuat tentang rangkuman atau simpulan dari keseluruhan ide atau informasi yang ingin disampaikan. Di samping beberapa hal tersebut di atas, agar informasi yang disampaikan atau ditulis dalam bentuk postingan, maka penulis harus menguasai kosa kata yang lebih baik, serta memiliki kemampuan untuk menggunakan atau memilih Diksi pada saat menulis. Hal ini juga akan mendukung penulis untuk lebih baik dalam menyampikan informasi. Sebagai langkah akhir untuk membantu kita dalam menulis dapat juga ditempuh dengan konsisten berlatih menuangkan ide dan gagasan melalui penggunaan media gambar, atau menggunakan media informasi lainnya, seperti menulis urutan peristiwa tertentu, menulis berita TV, Sepak Bola, motoGP  2012 dan sebagainya. berita yang terkait ditulis dengan menggunakan pola sederhana mulai dari penentuan topik, tema, judul, kerangka tulisan. Dapat pula kita membuat tema sederhana yang bersumber dari lingkungan kita sendiri misalnya berbicara dengan tema oleh oleh Makassar tentu akan lebih mudah karena dapat memperoleh bahan tulisan dari lingkungan sehari-hari kita sendiri. Selamat menulis.

 

 

8 Replies to “Postingan sebagai Media Informasi”

  1. saya selalu kesulitan dalam menulis postingan…
    3 cara praktis di atas sangat informatif…
    mungkin kedepan bisa saya terapkan..agar postingan di blog saya makin bertambah..dan tentunya memiliki keunikan dan originalitasnya….

Leave a Reply