MotoGP 2012

motoGP 2012MotoGP 2012 ajang lomba motor paling bergensi di dunia akan segera mulai pada musim 2012. Seperti agenda pada musim sebelumnya, gelaran motoGP 2012 di awali dengan pembukaan latihan resmi motoGP 2012 yang dirilis oleh situs resmi motoGP.com yang akan di laksanakan  di Sirkuit Sepang sebanyak 2 kali dan di sirkuit Jerez sebanyak satu kali membuat para Rider dari seluruh TIM telah mempersiapkan diri dan mempersiapkan settingan motor yang paling ngacir. Tes Resmi motoGP 2012 menjadi ajang untuk pertama kalinya menunjukkan kemampuan para pembalap melahap tikungan dan trek lurus serta menguji vitalitas dan kondisi fisik para pembalap. Di samping itu juga sekaligus menjadi ajang uji nyali pertama dengan spesifikasi dan kapasitas mesin yang terhitung sangat gede dengan kapasitas mesin 1000 cc.

Seperti diketahui, bahwa perubahan regulasi motoGP 2012 berbeda dengan musim motoGP tahun 2011 yang hanya menggunakan mesin dengan kapasitas 800 cc. Perubahan kapasitas mesin ini memaksa para rider untuk dapat menguasai dan mengenadalikan motor yang terhitung liar, sehingga ditutut skill dan kondisi fisik rider yang harus benar-benar berada dalam kondisi fit. Bagi beberapa pembalap, memang dibutuhkan tenaga ekstra yang mengalami beberapa kecelakan di akhir musim 2011 seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, termasuk beberapa pembalam yang di jeda musim mengikuti beberapa iven perlombaan seperti Adrea Dovi Sioso, Carl chutlow dan Nicky Hayden.

Tim Peserta motoGP 2012

Gelaran motoGP 2012 akan lebih menarik karena akan dikuti beberapa TIM Baru seperti Aprilia yang sempat beberapa tahun absen dan berkonsentrasi di Ajang WSBK, termasuk beberapa TIM baru dari BMW/Suter yang sempat merajai ajang lomba balap motor 125 cc/moto2. Kehadiran bebebrapa tim baru ini akan semakin memperketat persaingan di motoGP 2012, dan berdasarkan berita resmi motoGP telah ada 22 rider yang siap bersaing di ajang motoGP 2012 dari 13 Tim dengan Merek Pabrikan Aprilia, BMW, Ducati, Honda dan Yamaha. Nama Tim Inti dan tim Satelit yang diperkirakan bergabung di persaingan motoGP 2012 sebagai berikut:

  1. Aprilia IODA Racing CRT
  2. Aprilia Mapfre Aspar CRT
  3. Aprilia Paul Bird CRT
  4. Aprilia Speedmaster CRT
  5. BMW NGM Forward Racing CRT
  6. Ducati GP12 Cardion AB
  7. Ducati GP12 Ducati Marlboro
  8. Ducati GP12 Pramac Ducati
  9. Honda RC213V LCR Honda
  10. Honda RC213V Repsol Honda,
  11. Honda RC213V San Carlo Gresini
  12. Yamaha YZR-M1
  13. Yamaha YZR-M1 Monster Tech 3

Dari beberapa tim tersebut, terjadi beberapa pergeseran Rider seperti rider Honda RC213V Repsol Honda, yang musim 2011 menurunkan 3 pembalap sekaligus dalam satu Tim, untuk musim 2012 mendepak Andrea Dovisioso yang tahun ini  membelala Tim Satelit Yamaha YZR-M1 Monster Tech 3 mendampingi Carl Chutlow. Gelaran motoGP musim 2012 ini juga di ikuti oleh pembalap-pembalam muda yang patut diperhitungkan seperti Stefan Bradl yang menjadi kampiun di moto2 2012, James Ellison pembalap WSBK, Danilo Petrucci juara Motorcycle Racing 2011 dari Superstock 1000 FIM Cup yang memiliki keahlian menggeber motor di trek lurus dan tikungan di lintasan bergelombang, dan Antony West yang sempat menjadi rider Kawasaki di motoGP era 2008 yang dikenal paling lihai menunddukkan lintasan basah dan licin.

Persaingan motoGP 2012

Persaingan motoGP 2012 akan lebih menarik karena hampir semua rider memiliki skill yang sama dalam menundukkan lintasan balap dalam kondisi apapun. Perlu menjadi catatan bahwa beberapa pembalap telah memasang target tertentu menjelang gelaran motoGP 2012 seperti Casey Stoner yang sempat kesal karena diragukan kemampuan skillnya, sementara Jorge Lorenzo yang akhir musim lalu gagal meraih juara Dunia karena kecelakaan yang menyebabkan jari tangannya putus, Valentino Rossi yang tahun kemaren membela Ducati belum menemukan settingan motor yang tepat, dan termasuk Dani Pedrosa yang musim 2011 mengalami insiden dengan Marco Simoncelli (Alm) yang menyebabka Dani harus dilarikan kerumah sakit karena patah tulang selangkang. Persaingan, dendam, ambisi menjadi motivasi kuat menjadi dasar persaingan di ajang motoGP 2011 yang membuat semakin seru.

8 Replies to “MotoGP 2012”

  1. Thanks for the sensible analyze. People and my next door neighbor were simply getting ready to do some explore relating to this. People gained some sort of get some sort of guide from our spot selection nevertheless I do believe As i learned even more clear out of this post. I am really glad to view these magnificent info getting discussed easily available.

Leave a Reply