Budaya Baru; Fenomena Streaming TV online

streaming TV online
google image in worldipreview

Ketika jaringan internet merambah seluruh dunia, nircable technolgie berkembang pesat menyebabkan era digitalisasi informasi merambah belahan dunia. Pada awal abad 21 muncul ditandai dengan isu era millenium dalam bentuk globalisasi informasi dan teknologi merupakan suatu proses perubahan bentuk kehidupan manusia. Perubahan tersebut ditengarai sebagai bentuk perubahan kehidupan manusia menuju suatu tatanan masyarakat yang meliputi seluruh bola dunia dengan budaya yang baru. Proses tersebut memungkinkan dan dipermudah oleh adanya kemajuan dalam duni tekhnologi khususnya teknologi informasi dan transportasi.
Perubahan tatanan masyarakat tersebut mengarah pada pola perubahan tradisional menjadi era modern dimana era modernisasi merupakan suatu era yang menampilkan dunia dalam karakter dan citra yang sama sekali berbeda dengan karakter sebelumnya. Perubahan yang ditimbulkan oleh proses modernisasi yang melanda dunia terutama sejak revolusi industri telah dikategorikan revolusioner dibandingkan dengan proses perubahan sebelum itu (Rahardjo, 1999). Perubahan –perubahan itu mencapai tingkat akumulasi yang tinggi, terutama berkat kehadiran tekhnologi modern dan produl-produk tekhnologi dalam kehidupan ssial umat manusia.
Bull mengungkapkan bahwa dunia telah mengecil kedalam suatu sistem internasional, dimana kehidupan manusia akan ditentukan oleh jaringan komunikasi informasi dan tekhnologi, serta kerapatan transportasi (Tibi dalam Tamara dan Taher, 1996). Dalam masyarakat yang global itu terbentuk sebuah format baru interaksi sosial yang berbeda dari sebelkumnya. Kemajuan tekhnologi informasi akan berimbas pada terbentuknya sebuah tatanan hidup masyarakat yang hedonistik, individualistik, egoistik, meterialistik dan teknoistik.
Kemajuan tekhnologi informasi dalam dunia global mengakibatkan terjadinya akulturasi yang berat sebelah yaitu adanya dominasi budaya luar terhadap budaya lokal, dimana budaya lokal mengalami pergeseran nilai. Tidak dapat disangkal bahwa umat manusia telah dilanda krisis yang maha besar oleh semakin mengecilnya dunia dan menyatunya manusian dalam dunia imajinatif tekhnologi.. Hal tersebut yang menyebabkan munculnya isu globalisasi diseluruh bidang kehiduan manusia.
Salah satu hasil rekayasa teknologi yang dapat secara signifikan berpengaruh terhadap perubahan sosial dalam masyarakat dan mengakibatkan terjadinya era globalisasi khsusnya dibidang informasi adalah dengan ditemukannya tekhnologi informasi berupa TV, Radio, intenet dan era komputerisasi. Tahapan paling penting adalah rekayasa streaming TV. Hal ini Menurut robert H. Lauer (2001) bahwa media TV menjadi salah satu faktor utama yang dapat mendorong terjadinya perubahan sosial ditengah-tengah masyarakat. Perubahan tersebut terjadi sebagai akibat dari pengaruh infiltrasi dan percampuran kebudayaan melalui penayangan TV yang secara langsung atau tidak langsugng berpengaruh pada pola interaksi individu dan kelompok dalam masyarakat.

Leave a Reply