Inovasi Pembelajaran melalui e-learning

elearningInovasi pembelajaran tidak boleh berhenti. Pernahkah kita sebagai tenaga pendidik menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari sekian banyak variabel yang untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran kita. Spertinya hal ini juga sudah membutuhkan perhatian serius. Merubah orientasi mengajar guru yang tidak sekedar meruntuhkan kewajiban perlu juga diarahkan lebih terfokus pada bagaimana membantu siswa agar dapat meningkatkan hasil belajarnya. tentu prinsip yang juga harus dipegang adalah bagaimana siswa dengan mudah dapat memngambil pelajaran dan pengetahuan dari interkasi yang dirancang oleh guru.

Tidak mudah memang, dan bahkan masih ada diantara kita yang mengajar dengan semata-mata terpusat kepada aggapan bahwa “Guru” memberi pengetahuan kepada siswa. Sementara pada pilosofi dasar yang perlu difahami sesungguhnya bahwa guru hanyalah sebagai sumber motivasi dan penyedia sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa atau peserta didik untuk memperoleh pengetahuannya. Sekali lagi “Pengetahuan tak kan bisa diberikan kepada seseorang atau siapaun juga, tapai pengetahuan itu akan diperoleh oleh pebelajar sesuai dengan jumlah dan jenis pengetahuan yang disajikan.

Ide tersebut kemudian menjadikan inovasi melalui penggunaan tools yang berbasis teknologi sepertinya telah menjadi keharusan. apatah lagi dalam dekade sekarang ini terjangan ICT dalam dunia pendidikan kita tidak boleh dijadikan sebagai “perusak” dari keseluruhan proses pendidikan tetapi seharusnya dijadikan sebuaha alat yang sanagt mumpuni untuk mempermudah guru menyajikan bahan ajar yang diharapkan berimbas pada kemampuan siswa untuk memperoleh pengetahuan yang disajikan tersebut. Kuncinya e-learning atau elektronik learning juga dapat dijadikan salah satu alternatif yang inovatif untuk membantu dan memfasilitasi guru menyajikan bahan ajarnya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Jika kita ingin menjadi guru inovatif kreatif dalam menjalankan tugas ini, maka e-learning juga menjadi salah satu infdikator yang memperngaruhi tingkat profeionalisme seorang guru.

 

Leave a Reply