The Tao of Islam

Penulis    :    Sachiko Murata
Penerbit    :    Mizan
Edisi    :    Pertama
Jenis Cover    :    Soft Cover
Jumlah Halaman    :    462
Berat Buku    :    600.6
Kodefikasi    :    ISBN 9-794-33095-7

 

The TAO of Islam adalah sebuah buku yang sangat detail mencoba menjelaskan Islam dalam persfektif yang sedikit tidak lumrah, dimana semua bahasan tentang berbagai hal diulas dengan mencoba membuat analisis keseimbangan yang tentu di dasari oleh ajaran  TAO yang mengedepankan keseimbangan. Pembahsan tentang Universalitas spiritualitas diulas dengan mencoba meluruskan pemahaman yang berbeda-beda mengenai makrokosmik dan mikrokosmik dalam bahasa spiritualitas. Sachiko Murata seorang wanita yang berhasil masuk ke Universitas Teheran untuk mempelajari Teologi Islamdapat melakukan hal tersebut dalam setiap bagian-bagian tulisannya.

Selain itu The Tao of Islam adalah sebuah antologi yang lengkap dan kaya di bidang pemikiran Islam tentang hakikat hubungan antara Tuhan dan alam semesta, alam semesta dan manusia, serta manusia dan Tuhan. Dengan memusatkan perhatian pada simbolisme gender, Sachiko Murata memperlihatkan bahwa para pemikir Muslim klasik seringkali mengalisis realitas ketuhanan dan kaitannya dengan kosmos dan manusia melalui prinsip-prinsip polaritas atau komplementaritas, yang sangat mirip dengan gagasan filssafat Cina tentang yin/yang. Murata yakin bahwa kesatuan pemikiran Islam dapat ditemukan pada pemahaman tentang jenis-jenis hubungan yang ada dalam realitas. Dia memberi perhatian khusus pada pandangan berbagai tokoh yang dikenal sebagai kelompok sufi” dan “filosof”, karena pendekatan mereka terhadap topik-topik ini memiliki keluwesan dan kehalusan yang tidak ditemukan dalam kelompok pemikir lain. Dalam buku ini, kita dapat menemukan ratusan kutipan dari karya klasik pemikir Mulim penting seperti Ikhwan Al-Shafa, Ibn Sina dan Ibn Arabi, yang banyak di antaranya baru pertama kali diterjemahkan di sini.
Memang sangat luar biasa karena berhasil menarik benang merah antara Islam dalam tataran sufisme dengan TAO yang selama ini sudah menjadi ajaran yang mengakar di Asia Timur. Ada yang menganggap bahwa konsep TAO of Islam ini berbau syi’ah karena ditulis oleh seseorang yang mempelajari Teologia di Iran. Hal ini tidaklah berlebihan karena Persia merupakan gudangnya teolog syi’ah. Namun demikian, dalam tataran esoterik, sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara tasawuf (spiritualitas suni) dan ‘irfani (spiritualitas syi’ah) karena keduanya mengambil nasab kembali kepada Ali ibn Abi Thalib.

Buku ini terdiri dari empat bagian dan  10 bab dengan banyak catatan kaki sebagai rujukan teks-teks. Buku ini diberi pengantar oleh Anne Marie Schimmel dan dalam edisi Indonesia terdapat sekapur sirih dari Ratna Megawangi. Adapun struktur bukunya sebagai berikut :

Bagian I :
Bab 1. Tiga Realitas

Bagian II : Teologi
Bab 2. Dualitas Illahi
Bab 3. “Dua tangan” Allah

Bagian III : Kosmologi
Bab 4. Langit dan Bumi
Bab 5. Perkawinan Makrokosmik
Bab 6. Perkawinan Manusia
Bab 7. Rahim

Bagian IV : Psikologi Ruhani
Bab 8. Hierarki Statis
Bab 9. Dinamika Jiwa
Bab 10. Hati

Buku terjemahan dalam bahasa Indonesia ini mencerahkan meski telah mengalami alih bahasa, yang sering dianggap sebagai kelemahan terjemahan karya-karya yang berhubungan dengan esoterisme agama. Dalam versi terjemahan, buku ini setebal 462 halaman dan diterbitkan oleh penerbit Mizan pada tahun 2004. Sebuah buku yang lebih layak untuk dibaca, meski pembahasaannya tingkat tinggi. Bagi anda yang akan membacanya diharapkan telah memiliki dasar filsafat yang memadai dan memahami proses perjalanan Diri.

Sumber Utama : http://id.shvoong.com

3 Replies to “The Tao of Islam”

  1. I cling on to listening in the route of rumor talk about obtaining boundless online dependent grant programs so i’ve been seeking out close to to for that best online internet site to acquire one. Could you reveal to me please, notably in which could i arrive around some?

  2. The Tao of Islam | Uak Sena I was suggested this web site by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty. You are incredible! Thanks! your article about The Tao of Islam | Uak Sena Best Regards Agata Schaad

  3. The Tao of Islam | Uak Sena I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my difficulty. You’re wonderful! Thanks! your article about The Tao of Islam | Uak Sena Best Regards Nick Lisa

Leave a Reply