Gaya Hidup itu Apa Sih?

Marfografi

lifestyleGaya Hidup itu apa sih? Konotasi paling nyaman adalah Life style diterjemahkan sederhana sebagai gaya hidup. Bicara gaya hidup selalu identik dengan gaya populis. Banyak diantara sekian orang melakukan sesuatu yang diangapnya mengikuti perkembangan pola hidup yang “modern” lalu disebutnya memiliki gaya hidup populis. sementara sesungguhnya Gaya hidup merupakan pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya yang berusaha mendeskripsikan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya (Kotler 2002, p. 192) atau merupakan gambaran seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia (Assael, 1984, p. 252), gaya hidup adalah “A mode of living that is identified by how people spend their time (activities), what they consider important in their environment (interest), and what they think of themselves and the world around them (opinions)”. Gaya hidup secara sederhana dimaknai dengan bagaimana orang beraktivitas sehari-hari dalam bentuk berinteraksi dengan dirinya, dengan orang lain dan dengan lingkungannya. Dan bahkan menurut hemat saya gaya hidup merupakan benntuk interaksi dengan lingkungannya dan juga dengan Tuhannya (baca Agama), karena bagaimanapun gaya hidup dalam konteks aktivitas keseharian sanga dipengaruhi oleh intekasi dengan Tuhan.

Tapi menurut kajian Psikografik (Psychographic) Gaya Hidup yang paling bisa mewakili pemaknaannya adalah konsep gaya hidup AIO (Activity, Interest, Opinion) yang diukur dari gaya konsumen terhadap sesuatu (Kotler, 2002, p. 193). Yang pasti bahwa dari tiga unsur ini maka aktivitas, interest atau kecederungan seseorang termasuk opini yang terbangun dari setiap ndividu atau kelompok akan membedayakan gaya hidup setiap orang. Ini juga sebenarnya muncul karena ada kebiasaan tambahan dari pengaruh lingkungan setiap orang.

Setiap kelompok sosial di masyarakat tentu memiliki gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup ini dipengaruhi oleh jenis pekerjaan yang dilakukan. Sebagai contoh seseorang yang bekerja sebagai kelompok petani tentu memiliki gaya hidup yang bebreda dengan kelompok profesional lainnya. Kata teman saya sih ngapain juga pake sepatu menkilap setiap hari jika bekerja hanya di sawah. dan jangan coba-coba memakai sendal jepit kekantor jika anda bekerja diperusahaan. Demikian kurang lebih faktor yang menyebabkan erbedaan gaya hidup seseorang. Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Istilah gaya hidup pada awalnya dibuat oleh psikolog Austria , Alfred Adler , pada 1929. Pengertiannya yang lebih luas, sebagaimana dipahami pada hari ini, mulai digunakan sejak 1961.[1]

Gaya hidup bisa dilihat dari cara berpakaian,bahasa,kebiasaan,dan lain-lain.gaya hidup bisa dinilai relatif tergantung penilaian dari orang lain.gaya hidup juga bisa dijadikan contoh dan juga bisa dijadikan hal tabu.contoh gaya hidup baik: makan dan istirahat secara teratur,makan makanan 4sehat 5sempurna dan lain-lain.contoh gaya hidup tidak baik: berbicara tidak sepatutnya,alay,makan sembarangan dan lain-lain.gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan juga seperti kanker,diabetes dan lain lain.

Beberap elemen yang turut berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup seseorang di ataranya adalah, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan dan juga termasuk elemen lingkungan ekternal seperti teknologi. Beberapa orang yang gaya hidup nya berubah karena mencipta kebiasaan baru, aktivitas baru seperti kegiatan sosmed yang tidak lagi mengharuskan melakukan interkasi dengan berkunjung kerumah orang lain, menerima tamu diluar rumah, dan membicarakan pekerjaan tidak lagi dengan “face to face”. Menyebarkan berita lebih cepat dengan respon yang juga lebih cepat. Seperti misalnya di Rumah Baca Uak” yang setiap orang mampu memperoleh informasi tanpa harus bertemu dengan uak. Gaya hidup uak juga kemudian menjadi satu bentukan baru yang sanga dominan dipengaruhi oleh elemen tekhnologi. Aktivitas Fotografer, Ngeblog, Facebooker, Model, dan sebagainya adalah bentukan populer dari elemen teknologi.

 

3 Replies to “Gaya Hidup itu Apa Sih?”

  1. Gaya hidup dari cara berpakaian,berbahasa, serta kebiasaan yang baik itu seperti apa Uak.. ?

    mohon penjelasannya

Leave a Reply