StudBlog Discussion Event 2014 dan Internet Sehat

 

StudBlog Discussion Event 2014 dan Internet Sehat
StudBlog Discussion Event 2014 dan Internet Sehat

StudBlog Discussion Event 2014 dan Internet Sehat Satu lagi event yang menurutku penting untuk di apresiasi. StudBlog Discussion Event 2014 yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Pelajar Maros. Ini sebenarnya adalah salahs atu bentuk apresiasi sekolmpok pelajara atas keresahan-keresahan mereka terhadap semakin menghawatirkannya beberapa individu yang tidak postif dalam menggunakan dan memanfaatkan IT yang kemudian akan berakibat pada munculny aprilaku negatif yang menghawatirkan. Sosial media kemudian selalu menjadi pengisi hampir setiap waktu dari para pelajar (ini masih dugaan), sehingga kegiatan ini diarahkan untuk menggembosi positif bagi mereka, bahwa internet tidak semata-mata sosial media saja tetapi ada aktivitas lain yang jauh lebih positif. (Blogger maksudnya.. ini saya nulisnya bukan karena saya merasa blogger yaaaa). Nah untuk mencegah mereka untuk berprilaku negatif kan sulit, makanya perlu diberikan bentuk aktifitas penggunaan internet yang lebih positif (semacam pengalihan perhatian).

Perlu diapresiasi memang kegiatan StudBlog Discussion Event 2014

Mengapa perlu mengapresiasi kegiatan StudBlog Discussion Event 2014. Ini mengingat bahwa (nah ini kita bicara serius neh….!) perkembangan IT menjadi ancaman serius bagi sekelompok orang yang memiliki kemampuan untuk mengaksesnya. Hal ini tidak dapat dibiarkan. Butuh kerja ekstra untuk dapat menghindarkan prilaku penyimpang yang bisa muncul sebagai akibat dari pengaruh IT. Masyarakat pada akhirnya harus turut serta berpartisipasi dalam mencegah efek negatif yang  ditimbulkannya. Bukan berpikir pesimis sebenarnya, tetapi ini tidak lebih dari salah satu bentuk “kegalauan” kolektif kita terhadap kondisi miris yang bisa saja menghujam hingga merusak prilaku dari individu bahkan sampai pada masyarakat kita. Aktivitas antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan negatif tersebut sudah di lakukan terlebih lagi karena kampanye tentang penggunaan internet sehat juga telah di tegaskan dalam UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi dan program Internet Sehat dan Aman.  Aturan ini sesungguhnya menjadi payung hukum yang kuat agar fasilitas Internet dapat lebih bermanfaat untuk semua kalangan.

Apa sih yang harus dihindari dengan melaksanak kegiatan StudBlog Discussion Event 2014

Tidak dapat dipungkiri memang, kegiatan StudBlog Discussion Event 2014 ini mengarah kepada semua kalangan, kelompok umur, profesi, individu atau kelompok telah menjadikan internet connetion menjadi salah satu jembatan untuk memeroleh, menyimpan dan menyebarkan inforasi kepada siapa saja. Dan ini pada hakikatnya memberikan dampak luar biasa terhadap kemajuan dan lebih khusus kepada pola pikir pengguna. Teknologi Informasi (TI) yang sangat pesat dewasa ini memberikan  banyak  kemudahan  pada  berbagai  aspek  kegiatan yang kemudian akan membedakan karasteristik dari padapengguna. Perbedaan karakteristik pengguna TI dipengaruhi juga oleh banyak faktor , salah satunya adalah aspek prilaku. Prilaku ini dipengaruhi oleh persepsi pengguna terhadap  TI  yang  secara  teoritis  dideskripsikan  oleh  para  ahli  pengembang  TI sebagai pengguna dan pengaruhnya terhadap penggunaan komputer (Davis,et.al 1989; Ferguson, 1991). Berdasarkan aspek keprilakuan pengguna (user) yang juga turut mempengaruhi persepsi dan sikap dalam menerima penggunaan TI. Pada aspek inilah menjadi kekhawatiran. Perubahan prilaku atau perbedaan persepsi menjadikan IT tetap jadi ancaman serius. Menurut Syam (1999), pertimbangan perilaku ini perlu mendapat perhatian khusus dalam konteks penerapan TI. Pendapat ini sejalan dengan Sung (1987) dalam Trisna (1998) yang menyatakan bahwa faktor-faktor teknis, prilaku, situasi dan personil pengguna TI perlu dipertimbangkan sebelum TI diimplementasikan. Henry  (1986)  dalam  Trisnawati  (1998)  juga  mengemukakan  bahwa  prilaku pengguna, dan personal sistem diperlukan dalam pengembangan sistem, dan hal ini berkaitan dengan pemahaman dan cara pandang  pengguna sistem tersebut.

Serius gag yah kegiatan StudBlog Discussion Event 2014

Berdasarkan beberapa uraian teoritis dan hasil penelitian empiris yang telah di uraikan maka, dapat di pahami kegiatan StudBlog Discussion Event 2014 mengedepankan aspek prilaku dalam penerapan TI merupakan salah satu aspek yang penting untuk di perhatikan, karena berhubungan langsung dengan pengguna (user), sebab interaksi antara pengguna dengan perangkat komputer yang di gunakan sangat di pengaruhi oleh persepsi, sikap, afeksi sebagai aspek keprilakuan yang melekat pada diri manusia sebagai user (©2004 Digitized by USU digital library). Kesimpulan yang dapat ditarik dari uraian-uraian diatas adalah penerapan suatu sistem   dan   teknologi   informasi   tidak   terlepas   dari   aspek   prilaku   karena pengembangan sistem terkait dengan masalah individu dan organisasional sebagai pengguna sistem tersebut, sehingga sistem yang dikembangkan harus berorientasi kepada penggunanya.

 

2 Replies to “StudBlog Discussion Event 2014 dan Internet Sehat”

Leave a Reply