Rossi VS Lorenzo motoGP 2013

Iklim persaingan motoGP 2012 telah memasuki paruh kedua pada musim ini. banyak prediksi yang ternyata diluar dugaan sejak awal digelarnya motoGP 2012. Akan tetapi dari semua peristiwa yang terjadi persaingan antara para Rider yang menyita perhatian adalah persaingan antara Rossi VS Lorenzo. Pasti semua masih ingat ketika kedua Rider motoGP ini sempat menjadi Tandem dalam Tim Yang Sama yaitu ada saat mereka berdua sama-sama membela TIM PAbrikan YAMAHA Factory Racing Team tahun 2010-2011. Persaingan tersebut mengarah kepada persaingan tidak sehat yang ditandai dengan pemisahan antara Paddock kedua Riders tersebut. Al-hasil pada musim balapan motoGP 2012 Rossi Akhirnya hengkang dari Yamaha yang telah menjadikannya meraih juara dunia 4 kali itu. Kepindahan Rossi yang kemudian bergabung dengan Tim Ducati menuai banyak prediksi. Akan tetapi ternyata prediksi akan kemampuan Rossi merombak motor Pabrikan Italia itu yang nota bene adalah negara asal Rossi sendiri tidak membuahkan hasil memadai. Sementara Lorenzo dapat melenggang dengan mulus dengan tetap mengendarai Yamaha RZ-1.

PErsaingan tersebut akan terulang lagi, dimana hal ini dimulai sejak pekan kemaren Rossi telah mengumumkan akan perihalkepindahannya ke YAMAHa yang berarti akan menjadi Tandem bagi Lorenzo, meskipun posisi mereka sudah berbeda. Jika pada era 2010-2011 Rossi menjadi pembalap utama Yamaha, tetapi untuk musim motoGP 2013 Rossi akan menjadi pembalap kedua ditim tersebut. Persoalan ini sesungguhnya tidak menjadi masalah. Yang akan menyajikan tontonan menarik adalah persaingan antara Rossi VS Lorenzo. Banyak prediksi yang menyatakan bahwa Rossi akan kesuitan mengalahkan Lorenzo sementara prediksi lain persaingan keduanya tidak akan jauh berbeda dengan musim-musim sebelumnya saat mereka bersama.

Akan tetapi jika dilihat peluang keduanya, (Rossi VS Lorenzo) sebenarnya Lorenzo sedikit lebih diuntungkan. Beberapa hal yang memungkinkan Lorenzo berada di atas Rossi adalah karena Lorenzo telah lebih memiliki kemampuan adaptasi terhadap perkembangan dan kondisi motor, berbeda dengan Rossi yang memiliki masa jeda untuk mengakrabkan diri dengan Yamaha selama kurang lebih 2 tahun. Keuntungan lain Lorenzo adalah karena faktor psikologis di mana Lenzo memeiliki dukungan lebih dari Yamaha sebagai pembalap Utama sementara Rossi menjadi Pembalap ke dua. Faktor lain yangtidak kalah besar pengaruhnya adalah karena faktor Umum di mana Lorenzo jauh lebih muda dari Rossi yang telah berumur 33 tahun, bagaimanapun juga faktor umur ini mempengaruhi faktor fitalitas, tenaga, konsetrasi, jarak pandang, gerak refleks dan beberapa faktor fisik lainnya.

Akan tetapi dari hambatan tersebut bagi Rossi, bergabung dengan Yamaha dengan segudang Tekhnologi pengembangan Motor yang lebih mumpuni dibanding Ducati, hal ini menjadi peluang terbesarnya untuk dapat membekukan target kemenangannya 10 kali menjuarai gelaran motorGP kelas para raja. Persaingan antara Rossi VS Lorenzo akan menjadi motivasi tersendiri bagi Rossi untuk membuktikan kepiawaiannya sebagai legenda hidup MotoGP.

7 Replies to “Rossi VS Lorenzo motoGP 2013”

  1. Nampaknya akan kompetitif jika ROSSI ke pabrikan HONDA kanda… Karena berbagai kelebihan LORENZO pada sisi usia harus diimbangi dengan kemampuan HONDA….

    1. hmmm bisa juga.. tapi lebih bagus ke yamaha menurutku karena kalo ke honda kudu adaptasinya agak butuh waktu lama, sementara ke yamaha kan baru ditinggal 2 tahun. Yamaha lebih punya kans menyaingi honda.

  2. keunggulan honda atas yamaha akan lebih membantu rossi menaklukkan jorge. jangan lupa bahwa honda adalah motor easy to ride kayak motor jalanan.

    1. hmmm pertimbangan bagus juga cuman sejarah Rossi dengan honda sudah sedikit karatan sih….. apalagi honda memiliki beberapa settingan yang tentu bagaimanapun juga butuh waktu untuk penyesuaian… kalo Yamaha Rossi sendiri yang ngomong bahwa 2 tahun di ducati seperti istirahat rasanya turun lintasan….

  3. Rossi itu pembalap tidak punya mau & tidak tau diri, sekarang bisanya cuma menyalahkan motor.
    Saya jamin Rossi tidak bakal masuk 3 besar. Rossi dulu memang pemalab bagus tp sekarang sudah tua, umur itu pengaruh kalau tidak pengaruh kakek saya masih ikut balapan di sentul.

Leave a Reply